Chamro’, Siti Wardatu (2022) Pengaruh Penggunaan Aplikasi Google Classroom Terhadap Kualitas Pembelajaran Tata Bahasa Arab Siswa Kelas X Di MAN 5 KEDIRI Tahun Ajaran 2021-2022. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
92301020009_prabab.pdf Download (862kB) |
![]() |
Text
92301020009_bab_1_bahasa_arab.pdf Download (223kB) |
![]() |
Text
92301020009_bab_2_bahasa_arab.pdf Download (245kB) |
![]() |
Text
92301020009_bab_3_bahasa_arab.pdf Download (343kB) |
![]() |
Text
92301020009_bab_4_bahasa_arab.pdf Restricted to Registered users only Download (766kB) |
![]() |
Text
92301020009_bab_5_bahasa_arab.pdf Restricted to Registered users only Download (411kB) |
![]() |
Text
92301020009_bab_6_bahasa_arab.pdf Download (174kB) |
![]() |
Text
92301020009_daftarpustaka.pdf Download (219kB) |
![]() |
Text
92301020009_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (472kB) |
Abstract
ABSTRAK Wardatu Chamro’, Siti, Dosen Pembimbing I Prof. Dr. Moh. Asror Yusuf, M. Ag., Pembimbing II Dr. Jamaludin Achmad Kholik, MA : Pengaruh Penggunaan Aplikasi Google Classroom Terhadap Kualitas Pembelajaran Tata Bahasa Arab Siswa Kelas X Di MAN 5 KEDIRI Tahun Ajaran 2021-2022. Pendidikan Bahasa Arab, Tarbiyah Pascasarjana, IAIN Kediri. Kata Kunci : Penggunaan Aplikasi Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Qowaid Siswa merasa kesulitan dalam memahami materi qowaid, terutama dalam pembelajaran tarkib nahwu. Karena data tersebut peneliti membutuhkan sarana pendidikan yang sesuai untuk menyelesaikan masalah ini dalam pembelajaran bahasa arab. Peneliti tertarik untuk menggunakan media aplikasi google classroom karena bertepatan dengan kondisi pandemi covid-19. Aplikasi google classroom merupakan media penyalur informasi yang digunakan untuk mengajarkan materi qowaid dan mengaktifkan peserta didik dalam belajar. Selain google classroom guru juga menggunakan video dari canal youtube yang relevan dengan kurikulum sebagai sumber bahan ajar materi qowaid di semester tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk : 1) mengetahui bagaimana proses pembelajaran qowaid menggunakan google classroom dimasa pandemi covid-19 di MAN 5 kediri. 2) Mengetahui problematika pembelajaran qowaid dengan menggunakan platform Google Classroom dimasa pandemi covid-19 di MAN 5 KEDIRI. 3) Untuk mengetahui efektivitas platform google classroom dalam meningkatkan prestasi dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran qowaid siswa kelas X di masa pandemi covid-19 di MAN 5 kediri. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dan peneliti menggunakan design penelitian Posttest-Only Control. Peneliti mengambil pengumpulan data dengan angket, tes, observasi dan dokumentasi. Adapun analisis datanya dengan uji beda menggunakan rumus statistik t-test yang dihitung dengan SPSS. Hasil penelitian ini yaitu sebagai berikut: 1) Implementasi pembelajaran Qowaid memanfaatkan platform Google Classroom dilakukan melalui tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. 2 Pemanfaatan platform Google Classroom dalam Pembelajaran Qowaid dimasa pandemi menimbulkan beberapa problematika diantaranya: terganggunya konsentrasi belajar, kesulitan memahami materi pembelajaran, dan lingkungan belajar yang kurang kondusif. keterbatasan Kontroling, belum objektifnya penilaian Banyaknya penggunaan paket data, Jaringan internet tidak stabil, Fasilitas belajar, Miskomunikasi dan Gagap teknologi. 3) Hasil perhitungan menggunakan SPSS yaitu skor motivasi belajar siswa antara kelas eksperimen dan kontrol bahwa nilai (T Hitung) > nilai (T Tabel) = 7,317 > 2,00 dan nilai tes qowaid siswa yaitu nilai (T Hitung) > nilai (T Tabel) = 15,057 > 2,00 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima dengan arti ada efektivitas penggunaan google classroom dalam menigkatkan prestasi dan motivasi belajar siswa pada qowaid siswa kelas X MAN 5 KEDIRI.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2004 Linguistics (Ilmu Bahasa) > 20040902 'Ilmu al-Sharf (Arabic Morphology), (struktur bahasa Arab) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 02:27 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 02:27 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19110 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |