تحليل عوامل كفاءة املتخرجني و استعدادهم من قسم تعليم اللغة العربية جبامعة كديري اإلسالمية احلكومية لتحقيق معيار املعلمني املهنيني

Nisa’, Anita Lailatul Fahrun (2024) تحليل عوامل كفاءة املتخرجني و استعدادهم من قسم تعليم اللغة العربية جبامعة كديري اإلسالمية احلكومية لتحقيق معيار املعلمني املهنيني. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21503006_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21503006_bab1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21503006_bab2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21503006_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
21503006_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
21503006_bab5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21503006_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
21503006_Lembarpernyataanpublikasi.pdf

Download (303kB)

Abstract

ABSTRAK Anita Lailatul Fahrun Nisa’, 1) Dr. Umar Faruq, M.Pd, 2) Dr. Yuyun Zunairoh, M.Pd. Analisis Faktor Kompetensi dan Kesiapan Alumni S1 Pendidikan Bahasa Arab IAIN Kediri untuk Mencapai Standar Guru Profesional. Tesis, Pendidikan Bahasa Arab, Pascasarjana IAIN Kediri. 2024. Kata Kunci: Analisis Faktor, Kompetensi, Kesiapan, Guru Profesional. Berdasarkan fakta data yang diperoleh peneliti mengenai alumni S1 Pendidikan Bahasa Arab IAIN Kediri menunjukkan hasil yang cukup memuaskan untuk keselarasan horizontal yaitu linearitas antara pendidikan dengan pekerjaan yang dilakukan. Sebagai lulusan Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, bidang yang cocok adalah menjadi guru bahasa Arab di sekolah. Namun banyak juga alumni S1 Pendidikan Bahasa Arab IAIN Kediri yang mempunyai pekerjaan yang tidak sesuai dengan spesialisasinya. Misalnya saja sebagai wiraswasta, karyawan industri, instansi pemerintah, dan lain-lain. Penelitian ini merupakan gabungan dari dua pendekatan yaitu kuantitatif dan kualitatif. Peneliti menggunakan metode sekuensial, yaitu eksplanatori sekuensial. Artinya dengan mengamati dan menganalisis data-data yang ada dari proses tersebut, maka perlu dilakukan pengumpulan data melalui beberapa metode yaitu angket dan observasi untuk mengetahui lebih dalam untuk mengetahui 1) Sejauh mana kompetensi dan kesiapan alumni S1 Pendidikan Bahasa Arab IAIN Kediri untuk mencapai standar guru profesional, 2) Analisis faktor kompetensi dan kesiapan alumni S1 Pendidikan Bahasa Arab IAIN Kediri untuk mencapai standar guru profesional, 3 ) Faktor kompetensi dan kesiapan alumni S1 Pendidikan Bahasa Arab IAIN Kediri untuk mencapai standar guru profesional. Adapun hasil penelitian ini yaitu: 1) Berdasarkan penelitian diperoleh sejauh mana kompetensi dan kesiapan alumni S1 Pendidikan Bahasa Arab IAIN Kediri untuk mencapai standar profesional guru dengan menggunakan skala likert menunjukkan tinggi, dengan rata-rata kompetensi lulusan sekitar 72,11 (48,6%) dan rata-rata kesiapan lulusan sekitar 44,17 (34,3%), 2) Faktor kompetensi lulusan yaitu kompetensi pendidikan, kompetensi sosial, dan kompetensi pribadi merupakan faktor yang paling menentukan dalam mencapai profesional standar bagi guru. Sedangkan faktor kesiapan lulusan yaitu faktor pengalaman lapangan praktik, penguasaan mata pelajaran dasar pendidikan, dan motivasi merupakan faktor yang paling menentukan kesiapan alumni S1 Pendidikan Bahasa Arab IAIN Kediri untuk mencapai standar guru profesional, 3) Adapun faktor kompetensi dan kesiapan lulusan mencapai standar guru profesional terdiri dari delapan indikator dan sepuluh indikator.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 22 Sep 2025 01:19
Last Modified: 22 Sep 2025 01:19
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19093

Actions (login required)

View Item View Item