Pengaruh Kepemimpinan Dan Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru Melalui Motivasi Sebagai Variabel Intervening Pada SMP di Bawah Naungan Pesantren Di Kabupaten Kediri

Purnamasari, Desy Putri (2024) Pengaruh Kepemimpinan Dan Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru Melalui Motivasi Sebagai Variabel Intervening Pada SMP di Bawah Naungan Pesantren Di Kabupaten Kediri. Doctoral (S3) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21531009_PRABAB.pdf

Download (861kB)
[img] Text
21531009_BAB1.pdf

Download (279kB)
[img] Text
21531009_BAB2.pdf

Download (484kB)
[img] Text
21531009_BAB 3.pdf

Download (385kB)
[img] Text
21531009_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
21531009_BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[img] Text
21531009_BAB6.pdf

Download (69kB)
[img] Text
21531009_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
21531009_Form Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (192kB)

Abstract

ABSTRAK DESY PUTRI PURNAMASARI, 2024, Pengaruh Kepemimpinan dan Budaya Sekolah terhadap Kinerja Guru melalui Motivasi sebagai Variabel Intervening pada SMP di bawah naungan Pesantren di Kabupaten Kediri, Studi Islam, Pascasarjana, IAIN Kediri, Promotor: 1. Prof. Dr. Hj. Munifah, M.Pd. 2. Dr. H. Anis Humaidi, M.Ag. Kata kunci: pesantren, SMP, kepemimpinan, budaya sekolah, motivasi, kinerja guru, intervening. Pesantren saat ini semakin mengepakkan area garapannya yang tak hanya fokus pada kurikulum dengan basis keagamaan, tapi juga kurikulum yang menyentuh problematika aktual masyarakat. Pesantren selama ini menanamkan jiwa keikhlasan yang menjiwai hampir semua aktifitas di pesantren. Hanya saja konsep tersebut banyak memiliki kelemahan karena terkadang tidak diimbangi dengan kemampuan dan keprofesionalan yang memadai. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kondisi kepemimpinan, budaya sekolah, motivasi, dan kinerja guru pada SMP di bawah naungan pesantren di Kabupaten Kediri. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh langsung antara kepemimpinan dan budaya sekolah terhadap motivasi; pengaruh kepemimpinan, budaya sekolah, dan motivasi terhadap kinerja guru. Juga menjelaskan pengaruh tidak langsung antara kepemimpinan dan budaya sekolah terhadap kinerja guru dengan motivasi sebagai variable intervening. Metode penelitian ini adalah kuantitatif. Analisis data dengan analisis jalur/ path analysis. Populasi adalah seluruh guru SMP di bawah naungan pesantren di Kabupaten Kediri dengan sampel 109 guru yang mewakili tiap kecamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah yang dipersepsikan oleh guru dalam kategori baik, budaya sekolah berada pada kategori sangat baik, motivasi berada pada kategori tinggi, dan kinerja guru berada pada kategori tinggi. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi guru dengan sumbangan efektif sebesar 33,9% dan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara budaya sekolah terhadap motivasi guru dengan sumbangan efektif sebesar 42% dari nilai Rsquare 75,9%. Sehingga budaya sekolah memiliki pengaruh lebih dominan terhadap motivasi guru. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja dengan sumbangan efektif sebesar 15,3%, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara budaya sekolah terhadap kinerja guru dengan sumbangan efektif sebesar 15,7%, dan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi terhadap kinerja guru dengan sumbangan efektif sebesar 35,6% dari nilai Rsquare 66,6%. Sehingga motivasi guru memiliki pengaruh lebih dominan terhadap kinerja guru. Motivasi tidak mampu memediasi pengaruh kepemimpinan terhadap kinerja guru, namun mampu memediasi budaya sekolah terhadap kinerja guru. Kepemimpinan kepala sekolah dan budaya sekolah secara simultan berpengaruh terhadap motivasi guru. Kepemimpinan kepala sekolah, budaya sekolah, dan motivasi secara simultan berpengaruh terhadap kinerja guru pada SMP di bawah naungan pesantren di Kabupaten Kediri.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Doctoral (S3))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Doktor Studi Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 19 Sep 2025 02:39
Last Modified: 19 Sep 2025 02:39
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19069

Actions (login required)

View Item View Item