Strategi Penetapan Harga Studio Foto Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Perspektif Ekonomi Syariah (Studi Kasus Studio Foto 4 Warna Photography Kota Kediri)

RAHMADIN, ADDIN (2025) Strategi Penetapan Harga Studio Foto Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Perspektif Ekonomi Syariah (Studi Kasus Studio Foto 4 Warna Photography Kota Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931331518_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
931331518_bab1.pdf

Download (497kB)
[img] Text
931331518_bab2.pdf

Download (560kB)
[img] Text
931331518_bab3.pdf

Download (578kB)
[img] Text
931331518_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB)
[img] Text
931331518_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB)
[img] Text
931331518_bab6.pdf

Download (360kB)
[img] Text
931331518_daftarpustaka.pdf

Download (348kB)
[img] Text
931331518_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
931331518_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf

Download (190kB)

Abstract

ADDIN RAHMADIN, NIM 931331518, 2024. Dosen Pembimbing I Ahmad Munif, SE., MM dan Dosen Pembimbing II Mundhori, M.EI. “Strategi Penetapan Harga Studio Foto Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Perspektif Ekonomi Syariah ( Studi Kasus Studio Foto 4 Warna Photography Kota Kediri )”, Skripsi Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri 2024 Kata Kunci: Penetapan Harga, Volume Penjualan, Ekonomi Islam Strategi penetapan harga merupakan salah satu strategi yang dilakukan perusahaan guna untuk meningkatkan volume penjualan. Pada perusahaan jasa harga menjadi salah satu unsur yang cukup dominan yang dijadikan rujukan dalam pengambilan keputusan menggunakan jasa tersebut. “4 Warna” Studio merupakan perusahaan jasa yang memberikan jasa fotograph yang ada di Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Trianggulasi yang digunakan adalah dengan mengkomparasi pernyataan dari owner, fotographer dan konsumen/pelanggan. Data sekunder yang digunakan adalah data catatan penjualan selama satu tahun, yaitu tahun 2023. Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa “4 Warna” studio dalam strategi penetapan harga menggunakan beberapa tahapan yang mengacu pada indikator; keterjangkauan harga, kesesuaian harga dengan kualitas produk, daya saing harga, dan kesesuaian harga dengan manfaat. Kesemua indikator tersebut terpenuhi dijalankan oleh “4 Warna” studio dalam melakukan strategi penetapan harga paket fotonya. Penetapan harga pada “4 warna” studio memiliki dampak pada jumlah volume penjualan, maka bila dinilai dari kontinuitas penjualan setiap bulannya maka setiap bulan konsisten ada transaksi penjualan. Akan tetapi kalau dilihat total volume penjualan menunjukkan pertumbuhanya fluktuasi, yang disebabkan jasa foto sangat dipengaruhi oleh momen-momen yang biasa terjadi dimasyarakat pada setiap bulannya. Bila dilihat dalam prespektif ekonomi Islam maka dalam menerapkan harga telah memenuhi unsur adil, tidak bathil dan tidak menerapkan praktek ikhtikar karena konsep transparasi dalam bertransaksi

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: ADDIN RAHMADIN
Date Deposited: 29 Aug 2025 06:45
Last Modified: 29 Aug 2025 06:45
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18929

Actions (login required)

View Item View Item