Implementasi Pembelajaran Kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’alim Dalam Membentuk Etika Santri Terhadap Guru Di Pondok Pesantren Assalafy Al-Ikhlas

BAKASAKTI, M. ANDRI ARUM (2025) Implementasi Pembelajaran Kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’alim Dalam Membentuk Etika Santri Terhadap Guru Di Pondok Pesantren Assalafy Al-Ikhlas. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932100619_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932100619_bab1.pdf

Download (659kB)
[img] Text
932100619_bab2.pdf

Download (582kB)
[img] Text
932100619_bab3.pdf

Download (483kB)
[img] Text
932100619_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (703kB)
[img] Text
932100619_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (598kB)
[img] Text
932100619_bab6.pdf

Download (455kB)
[img] Text
932100619_daftarpustaka.pdf

Download (457kB)
[img] Text
932100619_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
932100619_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf

Download (260kB)

Abstract

M.ANDRI ARUM BAKASAKTI, Dosen Pembimbing Dr.Kadi M.pd.I., M.Royyan Nafis Fathul Wahab M.Ag., Implementasi Pembelajaran Kitab Adabul Alim Wal Mutaalim Dalam Membentuk Etika Santri terhadap Guru di Pondok Pesantren Assalafy Al-Ikhlas. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Istitut Agama Islam Negeri Kediri, 2024. Kata kunci : Proses Pembelajaran, Kitab Adabul Alim Wal Muta’alim , Hasil Implementasi Pembelajaran, Etika Santri pada Guru. Proses pembelajaran kitab Adabul Alim Wal Mutaalim yang dilakukan di Madrasah Pondok Pesantren Assalafy Al-Ikhlas secara kurun waktu yang cukup lama menjadi salah satu faktor pembentukan sikap atau etika yang baik para santri kepada gurunya. Kitab Adabul Alim Wal Mutaalim menjadi materi wajib di jenjang kelas satu Madrasah Tsanawiyah Madarasah Pondok Pesantren Assalafy Al-Ikhlas. peneliti tertarik melakukan penelitian terkait bagaimana implementasi pembelajaran tersebut membentuk etika para santri. Fokus penelitian ini adalah : Menjelaskan tentang proses perencanaan pembelajaran kitab Adabul Alim Wal Mutaalim, kemudian bagaimana rangkaian proses pembelajaran Kitab Adabul Alim Wal Mutaalim berlangsung, serta Hasil dari Impelemntasi pembelajaran kitab Adabul Alim Wal Mutaalim dalam menbentuk etika para santri kepada guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Dengan diperoleh data para pengurus Pesantren dan para Santri. Kemudian dilanjutkan dengan pengumpulan data dengan menggunakan metode berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan uji keabsahan data penelitian ini menggunakan uji kredibilitas berupa peningkatan ketekunan dan triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini adalah : 1) Proses Perencaan Pembelajaran meliputi menyiapkan RPP, Perangkat Penilaian Pemnbelajaran, Bahan Ajar, dan Media Ajar 2) Rangkaian proses pembelaaran Kitab Adabul Alim Wal Mutaalim meliputi kegiatan pendahuluan. Kegiatan inti, dan kegitan penutup. Serta proses evaluasi pembelajaran yang meliputi evaluasi diagnostok, dan evaluasi sumatif. 3) Implementasi pembelajaran kitab Adabul Alim Wal Mutaalim sangat berdampak pada etika santri pada gurunya terutama siakap taat dan patuh, menjaga dan mengawal kehormatan gurunya, dan sikap para santri tentang menghargai pendapat guru mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education (Pendidikan dan pelatihan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M. ANDRI ARUM BAKASAKTI
Date Deposited: 29 Aug 2025 06:30
Last Modified: 29 Aug 2025 06:30
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18928

Actions (login required)

View Item View Item