Ningrum, Siska Yunita Cahya (2025) Gaya Bahasa Dalam Lirik Lagu Album “Selamat Ulang Tahun” Karya Nadin Amizah Serta Implikasinya Terhadap Pembelajaran Menyimak Di SMAN 1 Kandat. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21207058_PRABAB.pdf Download (416kB) |
![]() |
Text
21207058_BAB1.pdf Download (355kB) |
![]() |
Text
21207058_BAB2.pdf Restricted to Registered users only Download (337kB) |
![]() |
Text
21207058_BAB3.pdf Restricted to Registered users only Download (253kB) |
![]() |
Text
21207058_BAB4.pdf Download (232kB) |
![]() |
Text
21207058_DAFTARPUSTAKA.pdf Download (204kB) |
![]() |
Text
21207058_LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Download (188kB) |
Abstract
Penelitian ini berfokus pada penggunaan gaya bahasa dalam lirik lagu album Selamat Ulang Tahun karya Nadin Amizah serta implikasinya terhadap keterampilan menyimak dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas X SMAN 1 Kandat. Adapun tujuan dari penelitian ini meliputi: 1) Mengetahui gaya bahasa dalam lirik lagu album “Selamat Ulang Tahun” karya Nadin Amizah. 2) Mengetahui implikasi gaya bahasa dalam lirik lagu album "Selamat Ulang Tahun" karya Nadin Amizah terhadap pembelajaran menyimak di SMAN 1 Kandat. Jenis penelitian ini kepustakaan atau library research dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data dalam penelitian ini yaitu kata, frasa dan klausa dari lirik lagu album “Selamat Ulang Tahun” karya Nadin Amizah. Sumber data yang digunakan yaitu lirik-lirik lagu album “Selamat Ulang Tahun” karya Nadin Amizah dan sumber literatur yang berkaitan dengan pokok pembahasan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui metode pustaka, simak dan catat, sedangkan teknik analisis data meliputi klasifikasi jenis gaya bahasa, menganalisis gaya bahasa, interpretasi makna, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini meliputi 1) Gaya bahasa yang terkandung dalam lirik lagu album “Selamat Ulang Tahun” karya Nadin Amizah meliputi gaya bahasa perbandingan (simile, metafora, personifikasi dan pleonasme), pertentangan (hiperbola, oksimoron, dan paradoks), serta gaya bahasa perulangan (anafora, epistrofa, epizeukis, mesodiplosis,asonansi, dan anadiplosis). 2) Implikasi gaya bahasa dalam pembelajaran menyimak ditunjukkan dengan mayoritas siswa mencapai capaian pembelajaran menyimak. Penggunaan lirik lagu membantu siswa mengidentifikasi gaya bahasa, menganalisis makna gaya bahasa dalam lirik lagu.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | SISKA YUNITA CAHYA NINGRUM |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 04:31 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 04:31 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18825 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |