Iftitania, Imelda Fawnia (2025) Pengaruh Self-Efficacy Pada Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Matematika SMP. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21204015_prabab.pdf Download (507kB) |
![]() |
Text
21204015_bab1.pdf Download (261kB) |
![]() |
Text
21204015_bab2.pdf Download (326kB) |
![]() |
Text
21204015_bab3.pdf Download (388kB) |
![]() |
Text
21204015_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
21204015_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (268kB) |
![]() |
Text
21204015_bab6.pdf Download (173kB) |
![]() |
Text
21204015_daftarpustaka.pdf Download (209kB) |
![]() |
Text
21204015_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi (2).pdf Download (198kB) |
Abstract
IMELDA FAWNIA IFTITANIA, Dosen Pembimbing KURNIA AHADIYAH, S. Si., M. Si. dan AHMAD SYAMSUDDIN, M.Kom. Pengaruh Self-Efficacy Pada Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Matematika SMP, Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, 2025. Kata Kunci: Self-efficacy, Hasil belajar, discovery learning, Pembelajaran Berdiferensiasi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh self-efficacy pada model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar matematika SMP. Penelitian ini dilakukan di SMP Islam Al Hidayah pada kelas VIII-A dan VIII-B tahun ajaran 2024/2025. Pada penelitian ini mengacu pada rancangan penelitian non-equivalent control group design melalui penerapan posttest. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas VIII-A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi dengan dilengkapi modul ajar, angket self-efficacy, dan soal tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa self-efficacy siswa dengan mengikuti proses pembelajaran menggunakan model discovery learning lebih tinggi dibandingkan dengan siswa dengan mengikuti proses pembelajaran menggunakan metode ceramah. Selain itu juga hasil belajar siswa dengan mengikuti proses pembelajaran menggunakan model discovery learning lebih tinggi dibandingkan dengan siswa dengan mengikuti proses pembelajaran menggunakan metode ceramah, yang mana jauh dibawah KKM yang tealh ditentukan. Kesimpulan pada penelitian ini bahwa terdapat terdapat pengarus self-efficacy pada model discovery learning dengan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar matematika.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Matematika dan Numerasi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika |
Depositing User: | IMELDA FAWNIA IFTITANIA |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 06:37 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 06:37 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18785 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |