Analisis Pemecahan Masalah HOTS Siswa SMAN 1 Plosoklaten Kelas XI Dengan Konteks Etnomatematika

Fitriannis, Lusnia (2025) Analisis Pemecahan Masalah HOTS Siswa SMAN 1 Plosoklaten Kelas XI Dengan Konteks Etnomatematika. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932306820_prabab.pdf

Download (991kB)
[img] Text
932306820_bab1.pdf

Download (403kB)
[img] Text
932306820_bab2.pdf

Download (378kB)
[img] Text
932306820_bab3.pdf

Download (306kB)
[img] Text
932306820_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
932306820_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text
932306820_bab6.pdf

Download (195kB)
[img] Text
932306820_daftarpustaka.pdf

Download (243kB)
[img] Text
932306820_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf

Download (304kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan pemecahan masalah HOTS siswa SMA dengan konteks etnomatematika. Penelitian ini menggunakan pendekatam kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes dan wawancara yang telah divalidasi oleh ahli. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemilihan subjek dalam penelitian yaitu dengan mengambil salah satu subjek dengan jawaban yang mewakili pada masing-masing kategori, kemudian mengambil satu subjek lagi untuk mendukung subjek sebelumnya pada masing-masing kategori. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Plosoklaten dengan mengambil sebanyak 43 siswa untuk dilakukan tes dan diambil 6 siswa untuk dilakukan wawancara berdasarkan instrumen yang telah disusun sebelumnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) 2 subjek dengan kemampuan tinggi mampu memenuhi seluruh indikator kemampuan pemecahan masalah HOTS dengan konteks etnomatematika. (2) 2 subjek dengan kemampuan sedang hanya memenuhi sebagian indikator kemampuan pemecahan masalah dengan konteks etnomatematika. (3) 2 subjek dengan kemampuan rendah hanya memenuhi sebagian indikator pada level soal C4 dan C5, dan tidak memenuhi semua indikator pada level soal C6 kemampuan pemecahan masalah dengan konteks etnomatematika.Berdasarkan penelitian ini, peneliti memberikan saran kepada guru untuk memberikan gambaran mengenai tingkat kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan permasalahan HOTS, sehingga dapat memberikan perlakuan yang sesuai saat preoses pembelajaran berlangsung, seperti banyak diberikan latihan soal HOTS. Sehingga dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Matematika dan Numerasi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130213 Vocational Education and Training Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Pendidikan dan Pelatihan Kejuruan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: LUSNIA FITRIANNIS
Date Deposited: 11 Aug 2025 06:23
Last Modified: 11 Aug 2025 06:23
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18780

Actions (login required)

View Item View Item