Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Memecahkan Soal Literasi Matematika di Sekolah Menengah Pertama Konten Aljabar (Studi Kasus: MTsN 1 Kediri)

Mukaromah, Istatik Nur (2025) Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Memecahkan Soal Literasi Matematika di Sekolah Menengah Pertama Konten Aljabar (Studi Kasus: MTsN 1 Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932305620_prabab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
932305620_bab1.pdf

Download (212kB)
[img] Text
932305620_bab2.pdf

Download (594kB)
[img] Text
932305620_bab3.pdf

Download (260kB)
[img] Text
932305620_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932305620_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[img] Text
932305620_bab6.pdf

Download (121kB)
[img] Text
932305620_daftarpustaka.pdf

Download (206kB)
[img] Text
932305620_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi (2).pdf

Download (321kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan berpikir kritis siswa dalam memecahkan soal literasi matematika pada konten aljabar di tingkat Sekolah Menengah Pertama. Keterampilan berpikir kritis dinilai penting dalam menghadapi tantangan abad 21. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII di MtsN 1 Kediri. Data dikumpulkan melalui tes, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data,penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji melalui triangulasi, dan ketekunan pengamatan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan tinggi dapat memenuhi hampir seluruh indikator berpikir kritis dalam memecahkan soal literasi matematika meskipun tidak semua indicator terpenuhi. Siswa dengan kemampuan sedang cenderung mampu menyelesaikan soal literasi matematika namun masih mengalami kesalahan dalam penyelesaian. Sementara itu, siswa dengan kemampuan rendah hanya mampu memenuhi sebagian kecil indikator dan cenderung mengalami kesulitan dalam menghubungkan konsep. Penelitian ini merekomendasikan perlunya strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: ISTATIK NUR MUKAROMAH
Date Deposited: 11 Aug 2025 04:14
Last Modified: 11 Aug 2025 04:14
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18773

Actions (login required)

View Item View Item