Pengaruh gender dan adversity quotient terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal suku bunga majemuk di SMA Negeri 1 Plosoklaten

Mariska, Revi Arum (2025) Pengaruh gender dan adversity quotient terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal suku bunga majemuk di SMA Negeri 1 Plosoklaten. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21204062_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21204062_bab1.pdf

Download (569kB)
[img] Text
21204062_bab2.pdf

Download (581kB)
[img] Text
21204062_bab3.pdf

Download (519kB)
[img] Text
21204062_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB)
[img] Text
21204062_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[img] Text
21204062_bab6.pdf

Download (357kB)
[img] Text
21204062_daftarpustaka.pdf

Download (307kB)
[img] Text
21204062_lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21204062_Pernyataanaploadkaryailmiah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)

Abstract

Keterampilan abad ke-21 mencakup pengetahuan, keterampilan, dan karakteristik penting dalam dunia pendidikan, salah satunya adalah berpikir kritis. Namun kenyataannya kemampuan berpikir kritis siswa masih tergolong rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh gender dan adversity quotient terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal suku bunga majemuk di kelas XI SMAN 1 Plosoklaten, untuk mengetahui pengaruh gender terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal suku bunga majemuk di kelas XI SMAN 1 Plosoklaten, dan untuk mengetahui pengaruh adversity quotient terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal suku bunga majemuk di kelas XI SMAN 1 Plosoklaten. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis ex post facto. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Plosoklaten. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling yang dilakukan dengan cara memilih kelas secara acak dengan asumsi bahwa karakteristik unit sampel bersifat heterogen dan yang terpilih berjumlah 72 siswa. Instrumen yang digunakan untuk penelitian ini adalah angket adversity quotient dan soal tes kemampuan berpikir kritis siswa. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara gender terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan nilai signifikansi 0,00<0,05 dan nilai t_hitung 6,318>t_tabel 1,994, dan terdapat pengaruh antara adversity quotient terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan nilai signifikansi 0,011<0,05 dan nilai t_hitung 2,625>t_tabel 1,994, yaitu 2,625>1,994. Terdapat pengaruh antara gender dan adversity quotient terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan nilai signifikansi 0,039>0,05 dan nilai F_hitung 3,405>F_tabel 3,13 dengan α=0,05. Penelitian ini berkontribusi dalam memperkuat pemahaman tentang pengaruh gender dan adversity quotient terhadap kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian ini dapat menjadi acuan dalam pengembangan strategi pembelajaran yang lebih efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: REVI ARUM MARISKA
Date Deposited: 05 Aug 2025 06:44
Last Modified: 05 Aug 2025 06:44
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18702

Actions (login required)

View Item View Item