Mazora, Cucut (2025) PERAN PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HIJAB (STUDI AREA PERTOKOAN JALAN JOYOBOYO KOTA KEDIRI). Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KEDIRI.
|
Text
21403076_prabab.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
21403076_bab1.pdf Download (313kB) |
|
|
Text
21403076_bab2.pdf Download (387kB) |
|
|
Text
21403076_bab3.pdf Download (224kB) |
|
|
Text
21403076_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (562kB) |
|
|
Text
21403076_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (282kB) |
|
|
Text
21403076_bab6.pdf Download (134kB) |
|
|
Text
21403076_daftarpustaka.pdf Download (266kB) |
|
|
Text
21403076_lampiran.pdf Download (976kB) |
|
|
Text
21403076_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) |
Abstract
Cucut Mazora,NIM 21403076, Dosen Pembimbing : (1) Dr.Ahmad Syakur,Lc.,M.E.I dan (2) Ulin Ni‟mah Rodliya Ulfah,M.Pd.: “ Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Hijab (Studi Area Pertokoan Jalan Joyoboyo Kota Kediri)”. Skripsi, Program Studi Manajemen Bisnis Syari‟ah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, IAIN Kediri, 2025 Kata Kunci: Preferensi Konsumen, Keputusan Pembelian, Hijab, Jalan Joyoboyo, TPB, Strategi Pemasaran Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan preferensi konsumen serta pengaruhnya terhadap keputusan pembelian hijab di area pertokoan Jalan Joyoboyo Kota Kediri. Dua rumusan masalah yang menjadi fokus utama dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana preferensi konsumen di area pertokoan Jalan Joyoboyo Kota Kediri? dan (2) Bagaimana preferensi konsumen terhadap keputusan pembelian hijab di kawasan tersebut? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam kepada 20 informan dari berbagai latar belakang usia, profesi, dan jenis konsumen (pembeli langsung, member, dan reseller) yang berbelanja di empat toko utama: Fitri Jilbab Joyoboyo, Elzatta Kediri Official, Hijup Store Kediri, dan Umama Scraft Gallery. Hasil penelitian menunjukkan bahwa preferensi konsumen di kawasan tersebut dipengaruhi oleh beberapa indikator, diantaranya: minat mereka untuk memenuhi kebutuhan yang ada. Dimana mereka mencari produk yang sesuai dengan yang mereka butuhkan. Selain itu, terdapat beberapa rekomendasi dari teman maupun saudara mengenai jalan Joyoboyo. Preferensi tersebut secara langsung membentuk keputusan pembelian yang bervariasi di tiap toko. Fitri Jilbab menjadi toko dengan tingkat keputusan pembelian tertinggi karena menawarkan harga yang terjangkau, sistem member dan reseller aktif, pelayanan yang ramah, serta promosi mingguan seperti diskon Jumat. Elzatta Kediri unggul di kalangan profesional dan ibu guru karena citra brand nasional yang kuat dan kualitas premium. Hijup Store dipilih oleh konsumen yang mengutamakan variasi model dan diskon rutin, sedangkan Umama Scraft Gallery lebih disukai oleh konsumen reseller dan ibu rumah tangga yang mencari hijab murah dalam jumlah banyak Temuan ini memperkuat pendekatan Theory of Planned Behavior (TPB) bahwa sikap, norma subjektif, dan persepsi kontrol berpengaruh terhadap niat membeli.Penelitian ini memberikan kontribusi pada strategi pemasaran hijab lokal berbasis preferensi komunitas dengan pendekatan budaya yang kontekstual, serta menjadi acuan bagi fashion muslim untuk mengembangkan layanan yang lebih personal dan kompetitif.
| Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
|---|---|
| Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150311 Organisational Behaviour 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Manajemen Bisnis Syariah |
| Depositing User: | CUCUT MAZORA |
| Date Deposited: | 17 Nov 2025 02:42 |
| Last Modified: | 17 Nov 2025 02:42 |
| URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18631 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
