Jananto, Azril Fawwaz (2025) Strategi diferensiasi produk dalam menciptakan keunggulan bersaing pada Kedai Damonikopi Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
931312718_prabab.pdf Download (723kB) |
![]() |
Text
931312718_bab1.pdf Download (439kB) |
![]() |
Text
931312718_bab2.pdf Download (40kB) |
![]() |
Text
931312718_bab3.pdf Download (33kB) |
![]() |
Text
931312718_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (272kB) |
![]() |
Text
931312718_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (48kB) |
![]() |
Text
931312718_bab6.pdf Download (15kB) |
![]() |
Text
931312718_daftarpustaka.pdf Download (9kB) |
![]() |
Text
931312718_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
931312718_pernyataanpublikasi.pdf Download (34kB) |
Abstract
Kata Kunci: Strategi Diferensiasi, Produk, Keunggulan Bersaing, Kedai Kopi, Damonikopi, Kota Kediri Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi diferensiasi produk yang diterapkan oleh Kedai Damonikopi dalam menciptakan keunggulan bersaing di tengah ketatnya persaingan industri kedai kopi di Kota Kediri. Strategi diferensiasi dilakukan melalui penggunaan biji kopi lokal yang segar dan berkualitas, proses roasting secara mandiri, serta penyajian menu yang variatif dan dapat disesuaikan dengan preferensi pelanggan. Kedai ini juga menonjolkan pelayanan ramah, suasana yang nyaman, serta keterlibatan pelanggan dalam sesi cupping sebagai bentuk transparansi rasa dan kualitas produk. Promosi pada jam-jam tertentu turut menjadi bagian dari strategi untuk menarik pelanggan di luar jam sibuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dengan pemilik dan pelanggan, serta dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara induktif melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi diferensiasi produk yang diterapkan Kedai Damonikopi meliputi: (1) pemilihan biji kopi lokal dan proses roasting mandiri sebagai keunikan produk utama, penyediaan menu yang fleksibel dan inovatif untuk memenuhi selera pelanggan, (2) penciptaan pengalaman unik melalui sesi cupping dan promosi khusus. Strategi ini berhasil meningkatkan daya saing dan memperkuat posisi Kedai Damonikopi di pasar lokal. Kata Kunci: Strategi Diferensiasi, Produk, Keunggulan Bersaing, Kedai Kopi, Damonikopi, Kota Kediri Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi diferensiasi produk yang diterapkan oleh Kedai Damonikopi dalam menciptakan keunggulan bersaing di tengah ketatnya persaingan industri kedai kopi di Kota Kediri. Strategi diferensiasi dilakukan melalui penggunaan biji kopi lokal yang segar dan berkualitas, proses roasting secara mandiri, serta penyajian menu yang variatif dan dapat disesuaikan dengan preferensi pelanggan. Kedai ini juga menonjolkan pelayanan ramah, suasana yang nyaman, serta keterlibatan pelanggan dalam sesi cupping sebagai bentuk transparansi rasa dan kualitas produk. Promosi pada jam-jam tertentu turut menjadi bagian dari strategi untuk menarik pelanggan di luar jam sibuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dengan pemilik dan pelanggan, serta dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara induktif melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi diferensiasi produk yang diterapkan Kedai Damonikopi meliputi: (1) pemilihan biji kopi lokal dan proses roasting mandiri sebagai keunikan produk utama, penyediaan menu yang fleksibel dan inovatif untuk memenuhi selera pelanggan, (2) penciptaan pengalaman unik melalui sesi cupping dan promosi khusus. Strategi ini berhasil meningkatkan daya saing dan memperkuat posisi Kedai Damonikopi di pasar lokal.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1401 Economic Theory > 140105 Islamic Economic Theory (Dasar-dasar Teori Ekonomi Islam) 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150307 Innovation and Technology Management 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150309 Logistics and Supply Chain Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | AZRIL FAWWAZ JANANTO |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 02:41 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 02:41 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18576 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |