PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLIPBOOK TERHADAP MINAT BACA CERITA PENDEK SISWA KELAS XI

Poernomo, Kharisma Novia (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLIPBOOK TERHADAP MINAT BACA CERITA PENDEK SISWA KELAS XI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21207027_PRABAB.pdf

Download (390kB)
[img] Text
21207027_BAB1.pdf

Download (287kB)
[img] Text
21207027_BAB2.pdf

Download (356kB)
[img] Text
21207027_BAB3.pdf

Download (586kB)
[img] Text
21207027_BAB4.pdf

Download (981kB)
[img] Text
21207027_BAB5.pdf

Download (134kB)
[img] Text
21207027_BAB6.pdf

Download (136kB)
[img] Text
21207027_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (154kB)
[img] Text
21207027_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2120700027_Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)

Abstract

Menurut data UNESCO 2024, Indonesia menempati peringkat ke-100 dari 208 negara dengan tingkat literasi 95,44%, masih di bawah Filipina, Brunei, dan Singapura. Minat baca di Indonesia sangat rendah (0,001%), artinya hanya 1 dari 1.000 orang yang gemar membaca. Data BPS 2024 menunjukkan partisipasi orang tua dalam membacakan cerita atau mendampingi anak belajar masih minim (17,21% dan 11,12%). Meski indeks TGM (Tingkat Gemar Membaca) di Indonesia relatif merata di atas 60%, Provinsi Jawa Timur berada di posisi kelima dengan indeks 69,78%. Kota Mojokerto memiliki Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat sebesar 80,03. Siswa di MAN 1 Mojokerto memiliki minat baca tinggi, akan tetapi banyak tantangan yang memengaruhi seperti terkendala waktu dan gangguan gadget atau produk AI. Untuk mengatasi hal ini, MAN Mojokerto memanfaatkan media flipbook sebagai inovasi pendidikan yang menarik minat baca siswa. Penelitian ini bertujuan menganalisis dampak penggunaan flipbook dalam meningkatkan minat baca cerita pendek siswa kelas XI, terutama menghadapi tantangan konsentrasi akibat teknologi. Pertanyaan utama penelitian adalah apakah media flipbook efektif meningkatkan minat baca di tengah hambatan waktu dan gempuran teknologi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menngunakan pendekatan korelasional. Subjek dalam penelitian ini, siswa kelas XI MAN Kota Mojokerto dengan metode purposive sampling. Dalam penelitian ini, data dikumpulkan melalui angket dan dokumentasi. Untuk mengetahui apakah ada korelasi antara dua variabel tersebut dianalisis dengan menggunakan korelasi product momen. sesuai dengan rumusan masalah yang ada, maka dapat disimpulkan penggunaan media flipbook di kelas XI MAN Kota Mojokerto memiliki rata-rata 76,66 (kategori Cukup Baik, interval 71-80). Minat Baca Cerita Pendek siswa kelas XI di MAN tersebut mencapai rata-rata 87,95 (kategori Baik, interval 81- 90). Analisis Korelasi (Pearson) menunjukkan hubungan signifikan dan kuat antara penggunaan flipbook dan minat baca.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: KHARISMA NOVIA POERNOMO
Date Deposited: 30 Jul 2025 03:30
Last Modified: 30 Jul 2025 03:30
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18575

Actions (login required)

View Item View Item