Izza, Imamatul (2025) Pengembangan media PUDATY (PUZZLE DAILY ACTIVITY) untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Inggris kelas IV di MI Miftahul Falah Manisrenggo Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21206033_prabab.pdf Download (525kB) |
![]() |
Text
21206033_bab1.pdf Download (157kB) |
![]() |
Text
21206033_bab2.pdf Download (249kB) |
![]() |
Text
21206033_bab3.pdf Download (272kB) |
![]() |
Text
21206033_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (793kB) |
![]() |
Text
21206033_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (109kB) |
![]() |
Text
21206033_daftarpustaka.pdf Download (111kB) |
![]() |
Text
21206033_lampiranlampiran.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Lembar Pernyataan Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (331kB) |
Abstract
Bahasa Inggris merupakan bahasa universal yang digunakan oleh sebagian besar negara di dunia. Pada dunia pendidikan saat ini dirasa sangat perlu untuk belajar bahasa Inggris, karena tidak menutup kemungkinan hal itu akan diperlukan pada jenjang selanjutnya. Apalagi dalam pembeljaaran bahasa Inggris peserta didik masih kesulitan dalam pembelajarannya. Media pembelajaran merupakan sebuah alat bantu yang digunakan pendidik untuk menyampaikan materi pembelajaran kepada peserta didik. Media pembelajaran juga dapat membantu agar suasana di dalam kelas tidak membosankan dan berjalan dengan menyenangkan, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Adapun media pembelajaran yang menyenangkan adalah media pembelajaran PUDATY (Puzzle Daily Activity). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan, kelayakan, dan keefektifan media pembelajaran PUDATY (Puzzle Daily Activity) sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian dan pengembangan yang digunakan yaitu model penelitian ADDIE yang memiliki 5 tahapan, yaitu (1) Analisis, (2) Perancangan, (3) Pengembangan, (4) Implementasi, (5) Evaluasi. Pada peneltiian ini, instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi dari ahli media, materi, dan hasil nilai pretest dan posttest. Kelayakan media pembelajaran PUDATY (Puzzle Daily Activity) dapat dilihat dari perolehan nilai para validator. Hasil validasi dari ahli media yaitu 78,7% dengan keterangan “layak” dan 87,5% dengan keterangan “sangat layak”. Kemudian hasil validasi dari ahli materi mendapatkan persentase 78,4% dengan keterangan “layak” dan 70,7% dengan keterangan “layak”. Uji efektifitas penggunaan media pembelajaran PUDATY (Puzzle Daily Activity) ini dapat dilihat dari hasil pretest dan posttest yang telah dilakukan pada peserta didik uji coba kelompok besar. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari rata-rata hasil pretest dan posttest yang telah dilakukan dengan menggunakan perhitungan N-Gain Score. Hasil yang diperoleh dari perhitungan N-Gain Score adalah 3,23. Keefektifan media pembelajaran PUDATY (Puzzle Daily Activity) juga dapat diperoleh dari hasil uji paired sample t-test yang diketahui nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan dari pemaparan hasil data di atas bahwasanyya penggunaan media pembelajaran PUDATY (Puzzle Daily Activity) layak dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : Bahasa Inggris, Media Pembelajaran, PUDATY, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | IMAMATUL IZZA |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 03:43 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 03:43 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18553 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |