Pengembangan Media Big Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas I MI Miftahul Huda Tinalan

Tsaniyah, Putri Erika (2025) Pengembangan Media Big Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas I MI Miftahul Huda Tinalan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20206064_prabab.pdf

Download (448kB)
[img] Text
20206064_bab1.pdf

Download (211kB)
[img] Text
20206064_bab2.pdf

Download (366kB)
[img] Text
20206064_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB) | Request a copy
[img] Text
20206064_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
20206064_bab5.pdf

Download (127kB)
[img] Text
20206064_daftarpustaka.pdf

Download (194kB)
[img] Text
20206064_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan membaca permulaan siswa. Dengan adanya media pembelajaran ini, diharapkan dapat membantu meningkatkan keterampilan membaca siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui prosedur pengembangan media Big Book untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas I pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di MI Miftahul Huda Tinalan; 2) Mengetahui kelayakan produk pengembangan media pembelajaran Big Book untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas I pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di MI Miftahul Huda Tinalan; 3) Mengetahui keefektifan media Big Book untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas I pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di MI Miftahul Huda Tinalan. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan, antara lain yaitu: (1) Analyze; (2) Design; (3) Development; (4) Implementation; (5) Evaluation. Subjek yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah siswa kelas I MI Miftahul Huda Tinalan yang berjumlah 27 siswa. Instrumen pengumpulan data pada penelitian dan pengembangan ini yaitu berupa wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Penelitian ini menghasilkan produk berupa media Big Book. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) prosedur pengembangan media Big Book dalam penelitian dan pengembangan ini dilakukan melalui 5 tahapan yaitu: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. 2) kelayakan produk berdasarkan persentase penilaian ahli media sebesar 86%, penilaian dari ahli materi (dosen) dan (guru) sebesar 97% dan 98%, penilaian dari ahli bahasa sebesar 94%. Oleh karena itu, media big book layak untuk diuji cobakan. 3) keefektifan media big book diperoleh dari hasil pre-test dan post-test yang memperoleh rata-rata 64,7 dan 90,7. Kemudian hasil tersebut dihitung menggunakan rumus N-Gain yang memperoleh hasil rata-rata G ≥ 0.7482 yang artinya peningkatan efektivitas pada penggunaan media Big Book dinyatakan pada kategori “Tinggi”. Hal ini sesuai dengan kriteria hasil uji N-Gain yaitu jika G ≥ 0,7 = maka memperoleh kriteria “tinggi”. Berdasarkan uraian dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media Big Book yang telah dikembangkan layak dan efektif untuk dijadikan media pendukung dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas I MI Miftahul Huda Tinalan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: PUTRI ERIKA TSANIYAH
Date Deposited: 29 Jul 2025 02:00
Last Modified: 29 Jul 2025 02:00
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18462

Actions (login required)

View Item View Item