Nuriah, Kartika Sinta (2025) Pengembangan Media Mini Space “GEMABU” untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 6 pada Mata Pelajaran IPAS Materi Gerhana di MI Manbaul Hikmah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
20206035_prabab.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
20206035_bab1.pdf Download (316kB) |
![]() |
Text
20206035_bab2.pdf Download (358kB) |
![]() |
Text
20206035_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (652kB) |
![]() |
Text
20206035_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
20206035_bab5.pdf Download (152kB) |
![]() |
Text
20206035_daftarpustaka.pdf Download (147kB) |
Abstract
KARTIKA SINTA NURIAH, Dosen Pembimbing RATNA WAHYU WULANDARI, M.PD dan APRILIYANI DIAH KARTIKASARI, M.PD, Pengembangan Media Mini Space “GEMABU” untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 6 pada Mata Pelajaran IPAS Materi Gerhana di MI Manbaul Hikmah, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2025 Kata Kunci : Pengembangan Media, Media Mini Space “GEMABU”, Hasil Belajar Media pembelajaran merupakan sarana yang dimanfaatkan oleh guru atau pendidik untuk mendukung dan mempermudah proses penyampaian materi. Salah satu jenis media yang sering dimanfaatkan adalah media visual dan media konkret. Berdasarkan hal tersebut, peneliti mengembangkan media mini space GEMABU dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengembangan media mini space GEMABU, (2) mengetahui kelayakan media mini space GEMABU untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 6 mata pelajaran IPAS materi gerhana di MI Manbaul Hikmah (3) mengetahui keefektifan media mini space GEMABU untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas kelas 6 mata pelajaran IPAS materi gerhana di MI Manbaul Hikmah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development (R&D) model ADDIE dengan 5 tahapan meliputi: (1) Analyze (analisis), (2) Design (desain), (3) Development (pengembangan), (4) Implementation (implementasi), dan (5) Evaluation (evaluasi). Penelitian ini dilaksanakan di MI Manbaul Hikmah dengan total 29 peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) pengembangan media mini space GEMABU menggunakan model pengembangan ADDIE dengan 5 tahapan. (2) kelayakan media ditentukan oleh data hasil validasi ahli media sebesar 86% dengan keterangan “sangat layak”. Ahli materi 1 sebesar 74% dengan keterangan “layak” dan ahli materi 2 sebesar 86% dengan keterangan “sangat layak”. Angket respon peserta didik kelompok kecil sebesar 82% dengan keterangan “valid”, angket respon peserta didik kelompok besar sebesar 83% dengan keterangan “valid. (3) peningkatan hasil belajar dilihat dari hasil data pre-test dan post-test yang dilihat dari perhitungan N-Gain. Pada uji coba kelompok kecil sebesar 0,5813 sehingga dapat dikategorikan “sedang” karena > 0,7. Dan N-Gain persen nilai rata-ratanya memperoleh 58,12 dengan kriteria “cukup efektif”. Sedangkan, pada uji coba kelompok besar 0,6033 sehingga dapat dikategorikan “sedang” karena 0,3 < G ≤ 0,7. Dan N-Gain persen nilai rata-ratanya memperoleh 60,33 dengan kriteria “cukup efektif”. Maka, dapat dikatakan bahwa mengembangkan media mini space GEMABU tergolong efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 6 MI Manbaul Hikmah.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 04 EARTH SCIENCES (Ilmu Bumi) > 0499 Other Earth Sciences > 049999 Earth Sciences not elsewhere classified 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | KARTIKA SINTA NURIAH |
Date Deposited: | 22 Aug 2025 07:09 |
Last Modified: | 22 Aug 2025 07:09 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18453 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |