فعالية استعمال الوسائل السمعية البصرية (يوتوب) في تعليم اللغة العربية لترقية مهارة الاستماع والكلام لطلبة الصف أحد عشر في المدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية ٥ كديري

Firdiana, Anggun Putri (2025) فعالية استعمال الوسائل السمعية البصرية (يوتوب) في تعليم اللغة العربية لترقية مهارة الاستماع والكلام لطلبة الصف أحد عشر في المدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية ٥ كديري. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21203083_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21203083_bab1.pdf

Download (408kB)
[img] Text
21203083_bab2.pdf

Download (500kB)
[img] Text
21203083_bab3.pdf

Download (476kB)
[img] Text
21203083_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (757kB)
[img] Text
21203083_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[img] Text
21203083_bab6.pdf

Download (230kB)
[img] Text
21203083_daftarpustaka.pdf

Download (264kB)
[img] Text
21203083_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
21203083_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf

Download (182kB)

Abstract

Anggun Putri Firdiana, Efektivitas penggunaan media audiovisual (youtube) dalam pembelajaran bahasa arab untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan dan berbicara pada siswa kelas XI MAN 5 Kediri. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Kediri. Dosen Pembimbing 1. Dr. Umar Faruq, S.Ag., M.Fil.I, 2. Nur Khamidah, S.S., M.Hum. Kata Kunci: Media Audiovisual, Keterampilan Mendengarkan, Keterampilan Berbicara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan media audiovisual (youtube) dalam pembelajaran bahasa arab untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan dan berbicara pada siswa kelas XI MAN 5 Kediri. Latar belakang penelitian ini adalah Pembelajaran bahasa Arab sangat penting untuk dikuasai, terutama dalam aspek keterampilan berbahasa seperti mendengar (maharah istima’) dan berbicara (maharah kalam). Kedua keterampilan ini saling berkaitan erat dan berperan penting dalam keberhasilan komunikasi. Dengan menunjang keberhasilan komunikasi, lebih tepatnya menerapkan pembelajaran dengan menggunakan media audiovisual. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis pemanfaatan media audiovisual dalam meningkatkan keterampilan mendengarkan dan berbicara pada pembelajaran bahasa Arab. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Sampel penelitian dibagi menjadi dua kelompok: kelompok eksperimen yang menggunakan media audiovisual dalam proses pembelajaran, dan kelompok kontrol yang menerapkan metode pembelajaran langsung. Instrumen yang digunakan meliputi observasi terhadap kegiatan pembelajaran di kedua kelompok, serta tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest) untuk mengukur kemampuan mendengarkan dan berbicara siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media audiovisual diterapkan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol selama empat kali pertemuan. Selain itu, rata-rata nilai keterampilan mendengarkan dan berbicara pada kedua kelas, yang masing-masing terdiri dari 30 siswa, mengalami peningkatan. Dengan hasil pretest dan posttest kelas kontrol pada keterampilan mendengarkan dan berbicara adalah (55,53-80,47) dan (70,27-80,13). Sedangkan kelas experimen pada keterampilan mendengarkan dan berbicara adalah (67,17-91,30) dan (77,03-89,87). Berdasarkan hasil SPSS 25, peneliti menggunakan uji Mann Whitney terhadap data penelitian dan hasilnya adalah nilai Asymp.Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka Hipotesis nol (Ho) ditolak dan Ha diterima, yang artinya penggunaan media audiovisual berupa youtube berbahasa arab efektif dalam meningkatkan keterampilan mendengarkan dan berbicara dikelas XI MAN 5 Kediri.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ANGGUN PUTRI FIRDIANA
Date Deposited: 28 Jul 2025 07:56
Last Modified: 28 Jul 2025 07:56
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18381

Actions (login required)

View Item View Item