Apriliya, Abelta Cananda (2025) Pengembangan Media PAPERMON (Papan Perkalian Berbasis Montessori) untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Peserta Didik Kelas III di SD Negeri I Cengkok. Undergraduate (S1) thesis, UIN Syekh Wasil Kediri.
![]() |
Text
21206106_ prabab.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
21206106_ bab1.pdf Download (417kB) |
![]() |
Text
21206106_ bab2.pdf Download (494kB) |
![]() |
Text
21206106_ bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (493kB) |
![]() |
Text
21206106_ bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
21206106_ bab5.pdf Download (289kB) |
![]() |
Text
21206106_ daftarpustaka.pdf Download (264kB) |
![]() |
Text
21206106_ lampiran.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
Lembar pernyataan publikasi Abelta Cananda Apriliya .pdf Restricted to Repository staff only Download (426kB) |
Abstract
Kemampuan berhitung adalah kemampuan yang melibatkan penggunaan angka, penalaran, dan logika secara terpadu, umumnya anak pada usia 7-8 mereka sudah dapat berpikir logis dan dapat memecahkan masalah, seperti masalah soal hitungan matematika sederhana. Akan tetapi masih ditemuka di SDN I Cengkok kemampuan berhitung peserta didik pada kelas III sangat rendah, faktor yang menyebabkan rendahnya kemampuan berhitung yakni minimnya fokus anak pada saat belajar dan kurangnya ketersediaan media di SD Negeri I Cengkok. Tujuan penelitian dan pengembangan yang dilakukan adalah 1). mendeskripsikan proses pengembangan media PAPERMON (Papan perkalian berbasis Montessori) 2). Menganalisis kelayakan atau validitas media PAPERMON (Papan perkalian berbasis Montessori), 3). Menganalisis efektivitas media PAPERMON (Papan perkalian berbasis Montessori) untuk kemampuan berhitung peserta didik kelas III di SD Negeri I Cengkok. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (RnD) dengan model ADDIE yang melalui lima tahapan peneltiian dan pengembangan produk, diantaranya yaitu Analisis (Analyze), Perencanaan (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Impelementation), dan Evaluasi (Evaluation). Instrument pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil peneltian ini menunjukkan bahwa 1). Pengembangan media papermon menggunakan model pengembangan ADDIE dengan 5 tahapan yang dilengkapi dengan buku panduan penggunaan media untuk mempermudah siswa dan guru dalam penerapan media 2). Kelayakan media dilihat dari hasil validasi oleh ahli media diperoleh presentase sebesar 80% dengan kategori “Layak”, ahli materi sebesar 90% dengan kategori “Sangat Layak”, validasi ahli pembelajaran sebesar 96% dengan kategori “Sangat Layak”, validasi Bahasa sebesar 97% dengan kategori “Sangat Layak” dan rata-rata hasil angket respon peserta didik sebesar 93% dengan kategori “Sangat Layak”. 3). Kefektifan media dilihat melalui dari hasil uji n-gain score sebesar 0,7704 atau dapat dikatakan >0,7 dan rata-rata n-gain persen sebesar 77,04% atau dapat dikatakan >76% Oleh karena itu, kesimpulannya adalah media PAPERMON “Efektif” untuk diterapkan kepada peserta didik khususnya pada materi perkalian dengan kriteria peningkatan “Tinggi”.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ABELTA CANANDA APRILIYA |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 03:40 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 03:40 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18246 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |