Pengaruh Aplikasi Quizlet Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Kelas X di MAN 3 Nganjuk

Hidayah, Farikha Nur (2025) Pengaruh Aplikasi Quizlet Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Kelas X di MAN 3 Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21203014_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21203014_bab1.pdf

Download (670kB)
[img] Text
21203014_bab2.pdf

Download (668kB)
[img] Text
21203014_bab3.pdf

Download (645kB)
[img] Text
21203014_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (796kB)
[img] Text
21203014_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB)
[img] Text
21203014_bab6.pdf

Download (446kB)
[img] Text
21203014_daftarpuataka.pdf

Download (590kB)
[img] Text
21203014_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
21203014_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf

Download (194kB)

Abstract

Farikha Nur Hidayah, Pengaruh Aplikasi Quizlet Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Kelas X di MAN 3 Nganjuk. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Kediri. Dosen Pembimbing 1. Dr. Umar Faruq, S.Ag., M.Fil.I, 2. Maziyyatul Muslimah, M.Pd.I Kata kunci: Media Pembelajaran, Quizlet, Kosakata Bahasa Arab Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi Quizlet terhadap penguasaan kosakata Bahasa Arab siswa kelas X di MAN 3 Nganjuk. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya penguasaan mufrodat akibat penggunaan metode pembelajaran yang kurang bervariasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen. Sampel terdiri dari dua kelas: kelas eksperimen yang menggunakan aplikasi Quizlet dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Instrumen yang digunakan berupa tes pretest dan posttest yang terdiri dari menjawab soal cerita, menyusun kata acak dan membuat kalimat dari gambar. Analisis data dilakukan menggunakan uji non-parametrik karena data tidak berdistribusi normal. Uji Wilcoxon Signed Ranks digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil dalam masing-masing kelas, sedangkan uji Mann-Whitney digunakan untuk membandingkan hasil posttest antar kelas. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kelas eksperimen dengan nilai signifikansi 0.000 (p < 0.05). Uji Mann-Whitney menunjukkan bahwa nilai posttest kelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan dibanding kelas kontrol, dengan nilai signifikansi 0.008 (p < 0.05). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi Quizlet berpengaruh signifikan dalam meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Arab . Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi Quizlet berpengaruh signifikan dalam meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Arab. Quizlet sebagai media pembelajaran interaktif mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan mendorong partisipasi aktif siswa. Oleh karena itu, penggunaan teknologi berbasis aplikasi seperti Quizlet layak dipertimbangkan sebagai alternatif strategi pembelajaran Bahasa Arab yang inovatif dan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: FARIKHA NUR HIDAYAH
Date Deposited: 15 Jul 2025 06:22
Last Modified: 15 Jul 2025 06:22
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18239

Actions (login required)

View Item View Item