Hidayah, Farikha Nur (2025) Pengaruh Aplikasi Quizlet Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Kelas X di MAN 3 Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21203014_prabab.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
21203014_bab1.pdf Download (670kB) |
![]() |
Text
21203014_bab2.pdf Download (668kB) |
![]() |
Text
21203014_bab3.pdf Download (645kB) |
![]() |
Text
21203014_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (796kB) |
![]() |
Text
21203014_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (572kB) |
![]() |
Text
21203014_bab6.pdf Download (446kB) |
![]() |
Text
21203014_daftarpuataka.pdf Download (590kB) |
![]() |
Text
21203014_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
21203014_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Download (194kB) |
Abstract
Farikha Nur Hidayah, Pengaruh Aplikasi Quizlet Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Kelas X di MAN 3 Nganjuk. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Kediri. Dosen Pembimbing 1. Dr. Umar Faruq, S.Ag., M.Fil.I, 2. Maziyyatul Muslimah, M.Pd.I Kata kunci: Media Pembelajaran, Quizlet, Kosakata Bahasa Arab Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi Quizlet terhadap penguasaan kosakata Bahasa Arab siswa kelas X di MAN 3 Nganjuk. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya penguasaan mufrodat akibat penggunaan metode pembelajaran yang kurang bervariasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen. Sampel terdiri dari dua kelas: kelas eksperimen yang menggunakan aplikasi Quizlet dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Instrumen yang digunakan berupa tes pretest dan posttest yang terdiri dari menjawab soal cerita, menyusun kata acak dan membuat kalimat dari gambar. Analisis data dilakukan menggunakan uji non-parametrik karena data tidak berdistribusi normal. Uji Wilcoxon Signed Ranks digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil dalam masing-masing kelas, sedangkan uji Mann-Whitney digunakan untuk membandingkan hasil posttest antar kelas. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kelas eksperimen dengan nilai signifikansi 0.000 (p < 0.05). Uji Mann-Whitney menunjukkan bahwa nilai posttest kelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan dibanding kelas kontrol, dengan nilai signifikansi 0.008 (p < 0.05). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi Quizlet berpengaruh signifikan dalam meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Arab . Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi Quizlet berpengaruh signifikan dalam meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Arab. Quizlet sebagai media pembelajaran interaktif mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan mendorong partisipasi aktif siswa. Oleh karena itu, penggunaan teknologi berbasis aplikasi seperti Quizlet layak dipertimbangkan sebagai alternatif strategi pembelajaran Bahasa Arab yang inovatif dan efektif.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | FARIKHA NUR HIDAYAH |
Date Deposited: | 15 Jul 2025 06:22 |
Last Modified: | 15 Jul 2025 06:22 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18239 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |