Pengembangan E-Booklet Berbasis Augmented Reality Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas VIII SMPN 9 Kediri Materi Struktur Bumi

Amalina, Salsabila Laily (2025) Pengembangan E-Booklet Berbasis Augmented Reality Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas VIII SMPN 9 Kediri Materi Struktur Bumi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21208023_prabab.pdf

Download (805kB)
[img] Text
21208023_bab1.pdf

Download (562kB)
[img] Text
21208023_bab2.pdf

Download (653kB)
[img] Text
21208023_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (748kB)
[img] Text
21208023_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
21208023_bab5.pdf

Download (457kB)
[img] Text
21208023_daftarpustaka.pdf

Download (430kB)
[img] Text
21208023_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
21208023_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf

Download (186kB)

Abstract

Amalina, Salsabila, Laily. Dosen Pembimbing Dr. Mochammad Desta Pradana, M.Pd. dan Atika Anggraini, M.Pd. Pengembangan E-Booklet berbasis Augmented Reality untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Siswa Kelas VIII SMPN 9 Kediri Materi Struktur Bumi. Skripsi, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2025. Kata Kunci: E-Booklet, Augmented Reality, Hasil Belajar Siswa, Struktur Bumi Penelitian ini meneliti tentang Pengembangan E-Booklet berbasis Augmented Reality untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Siswa Kelas VIII SMPN 9 Kediri Materi Struktur Bumi. Guru IPA di SMPN 9 Kediri telah menerapkan metode pembelajaran diferensiasi untuk menyesuaikan kebutuhan belajar siswa. Namun, hasil belajar siswa masih bervariasi dengan rata-rata kognitif sebesar 68,95 dan hanya 4 dari 34 siswa yang mencapai nilai di atas KKTP yaitu 75. Salah satu kendala utama adalah pembelajaran yang belum didukung oleh media visual yang menarik, sehingga siswa kesulitan memahami materi abstrak seperti struktur bumi. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui proses pengembangan e-booklet berbasis Augmented Reality pada materi struktur bumi, (2) Mengetahui kelayakan e-booklet berbasis Augmented Reality terhadap hasil belajar siswa, dan (3) Mengetahui keefektifannya dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 9 Kediri. Media e-booklet yang dikembangkan menggabungkan teks dan gambar dengan visualisasi 3D berbasis Augmented Reality, sehingga siswa dapat melihat model lapisan-lapisan bumi melalui perangkat ponsel atau tablet. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, melibatkan 34 siswa kelas VIII A sebagai subjek penelitian. Teknik analisis data mencakup validasi angket menggunakan skala Likert oleh validator ahli materi, desain, media. Sedangkan untuk mengukur keefektifan sebuah media ini dilakukan uji hipotesis dengan uji paired sample t-test dan uji N-Gain pada nilai pretest dan posttest. Hasil persentase rata-rata yang didapat dari validator ahli materi mencapai 97,5%, validator ahli desain dan media sebesar 95,7%, serta validator soal pretest dan posttest sebesar 97,1%. Sedangkan persentase rata-rata uji keefektifan dari perhitungan uji paired sample t-test pada nilai pretest dan posttest siswa kelas VIII A memiliki hasil sig.(2-tailed) < 0,05 yaitu sebesar 0,000. Kemudian nilai N-Gain score sebesar 0,6597 (65,97%) yang termasuk kategori sedang. Dengan demikian, e-booklet berbasis Augmented Reality efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi struktur bumi.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 04 EARTH SCIENCES (Ilmu Bumi) > 0499 Other Earth Sciences > 049999 Earth Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris IPA
Depositing User: SALSABILA LAILY AMALINA
Date Deposited: 22 Jul 2025 07:19
Last Modified: 22 Jul 2025 07:19
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18202

Actions (login required)

View Item View Item