Pengembangan Media Audio Visual (Animasi Berbahasa Arab) Dalam Meningkatkan Maharah Istima’ Pada Siswa Kelas 11 Agama MAN 5 Kediri

Pahlevi, Iklima Dwi (2025) Pengembangan Media Audio Visual (Animasi Berbahasa Arab) Dalam Meningkatkan Maharah Istima’ Pada Siswa Kelas 11 Agama MAN 5 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21203061_prabab.pdf

Download (5MB)
[img] Text
21203061_bab1.pdf

Download (479kB)
[img] Text
21203061_bab2.pdf

Download (596kB)
[img] Text
21203061_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (761kB)
[img] Text
21203061_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (914kB)
[img] Text
21203061_bab5.pdf

Download (441kB)
[img] Text
21203061_daftarpustaka.pdf

Download (529kB)
[img] Text
21203061_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
21203061_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf

Download (190kB)

Abstract

Iklima Dwi Pahlevi, Pengembangan Media Audio Visual (Animasi berbahasa arab) dalam Meningkatkan Maharah Istima’ pada Siswa Kelas 11 Agama MAN 5 Kediri, Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Kediri. Dosen Pembimbing 1. M. Syamsul Ma’arif, M.Pd.I, 2. Moh. Soleh Afyuddin, M.Pd. Kata Kunci: Animasi, Maharah Istima’. Maharah istima’ adalah keterampilan yang menjadi dasar dari empat keterampilan Bahasa Arab yang lain. Hal ini dikarenakan apabila kemampuan mendengar sesorang baik maka akan membuat seseorang mampu memahami suatu hal dengan baik pula. Maka dari itu, kemampuan mendengarkan ini sangat penting dalam pembelajaran Bahasa Arab sebagai bahasa asing. Problematika yang ditemukan pada pembelajaran maharah istima’ kelas 11 Agama MAN 5 Kediri antara lain adalah kurangnya latihan menyimak, susah dalam memahami kosakata, kurang konsentrasi, serta media yang kurang menarik. Animasi berbahasa arab adalah salah satu dari banyaknya media yang dinilai oleh peneliti mampu memecahkan permasalahan-permasalahan tersebut. Alasan yang mendasari hal tersebut adalah dimana media animasi dinilai menarik dan juga efisien dalam pengunaannya dalam mengasah keterampilan menyimak siswa. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengembangan animasi berbahasa arab dalam meningkatkan maharah istima’ pada kelas 11 Agama MAN 5 Kediri, serta (2) efektivitas media kartun berbahasa Arab dalam meningkatkan maharah istima’ pada siswa kelas 11 Agama MAN 5 Kediri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development. Dalam pengembangan produk peneliti menggunakan model ADDIE yang memiliki lima tahap, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Dalam memperoleh data peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi, pre-test serta post-test. Wawancara dan observasi dilakukan untuk mengetahui kebutuhan belajar serta lingkungan belajar peserta didik. Sedangkan pre-test dan post-test dilakukan untuk mengetahui kemampuan peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan media animasi berbahasa arab dalam pembelajaran istima’. Untuk mengetahui peningkatan belajar peserta didik, peneliti menggunakan analisis N-Gain. Hasil akhir diperoleh angka 0,86 untuk uji coba kelompok kecil dan angka 0,8 untuk uji coba kelompok besar. Hal ini dipat dikatakan bahwa kemampuan istima’ siswa setelah menggunakan media animasi bahasa arab yang dikembangkan meningkat dengan kategori Tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: IKLIMA DWI PAHLEVI
Date Deposited: 14 Jul 2025 03:01
Last Modified: 14 Jul 2025 03:01
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18199

Actions (login required)

View Item View Item