Faradiba, Anggita Ayu (2025) Pengembangan Media Visual Nebel Comic Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Kelas VII di MTs Negeri 6 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21208018_prabab.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
21208018_bab1.pdf Download (421kB) |
![]() |
Text
21208018_bab2.pdf Download (535kB) |
![]() |
Text
21208018_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (644kB) |
![]() |
Text
21208018_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
21208018_bab5.pdf Download (205kB) |
![]() |
Text
21208018_daftar_pustaka.pdf Download (224kB) |
Abstract
Literasi sains merupakan kemampuan penting yang perlu dimiliki peserta didik dalam menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Namun, berdasarkan hasil studi internasional PISA 2022, tingkat literasi sains siswa Indonesia masih tergolong rendah dibandingkan negara-negara lain. Fenomena serupa juga ditemukan di MTs Negeri 6 Kediri, khususnya pada siswa kelas VII-A yang menunjukkan tingkat literasi sains rendah. Hasil angket menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki gaya belajar visual, penelitian ini mengembangkan media pembelajaran berbasis visual berupa media visual Nebel Comic, yang dirancang untuk membantu meningkatkan literasi sains siswa melalui pendekatan visual yang menarik, sederhana, dan mudah dipahami. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Tahap definisi dilakukan dengan mengidentifikasi kebutuhan dan karakteristik siswa, dilanjutkan dengan tahap perancangan media, pengembangan produk awal, serta penyebaran media. Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan ahli pembelajaran untuk menilai kelayakan media. diketahui bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam kemampuan literasi sains siswa, yang ditunjukkan oleh hasil pretest dan posttest. Hasil analisis data peningkatan skor pada aspek pengetahuan dan sikap ilmiah mencapai 88 yang berhasil meningkat sesuai kategori persentase capaian literasi sains siswa kelas VII-A di MTsN 6 Kediri. Analisis statistik dilakukan dengan menggunakan uji normalitas yang menunjukkan berdistribusi normal, uji-t yang menyatakan perbedaan yang signifikansi, dan N-gain score dengan persentase 0.76 dengan kategori tinggi. Dengan demikian, media visual Nebel Comic dinyatakan layak dan efektif digunakan sebagai alternatif media pembelajaran untuk meningkatkan literasi sains siswa.
Actions (login required)
![]() |
View Item |