Zulfaida, Faiz (2025) Pengembangan Media Flipbook Pencemaran Tanah Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas 5 di MI Fattakhul Irsyad Santren. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21206128_prabab (1).pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
21206128_bab1.pdf Download (321kB) |
![]() |
Text
21206128_bab2.pdf Download (376kB) |
![]() |
Text
21206128_bab3.pdf Download (409kB) |
![]() |
Text
21206128_bab4.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
21206128_bab5.pdf Download (187kB) |
![]() |
Text
21206128_daftar pustaka.pdf Download (249kB) |
![]() |
Text
21206128_lampiran.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
21206128_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf Download (64kB) |
![]() |
Text
21206128_Pernyataan upload karya ilmiah.pdf Download (38kB) |
Abstract
Materi pencemaran tanah merupakan materi yang sulit dipahami karena peserta didik harus membayangkan contoh dan memerlukan pemahaman dengan kegiatan praktik dari materi tersebut. Hal ini disebabkan karena tidak adanya contoh gambar ataupun ilustrasi yang mendeskripikan materi pada buku. Oleh karena itu, perlu adanya pengembangan media yang dapat membantu memberikan contoh konkret pada materi pencemaran tanah. Peneliti tertarik untuk mengembangkan media pembelajaran flipbook berbasis proyek dengan tujuan (1) mendeskripsikan prosedur pengembangan media flipbook berbasis proyek, (2) menganalisis kelayakan pengembangan media flipbook berbasis proyek, (3) menganalisis keefektifan pengembangan media flipbook berbasis proyek untuk meningkatkan kemampuan kognitif kelas V pada mata pelajaran IPAS di MI Fattakhul Irsyad Santren. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang melalui lima tahapan penelitian dan pengembangan produk, diantaranya yaitu Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk berupa flipbook yang dirancang dengan model ADDIE. Pada tahap analisis kurikulum, analisis kebutuhan dan analisis karakteristik peserta didik. Pada tahap desain dilakukan dengan menyusun rancangan media berupa flowchart dan storyboard. Pada tahap pengembangan dilakukan dengan mengembngkan media sesuai dengan rancangan yang telah disiapkan. Pada tahap implementasi dilakukan dengan uji coba media di kelas V, yaitu uji coba kelompok besar dan uji coba kelompok kecil. Pada tahap evaluasi dilakukan dengan cara menyeluruh padasetiap tahapan. (2) Hasil dari validasi materi sebesar 90,6% dengan kategori “Sangat Layak”. Validasi media sebesar 80% dengan kategori “Layak”. (3) Skor pretest dan posttest yang menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kognitif siswa pada uji coba kelompok besar memperoleh nilai 0,78 dengan kriteria tinggi dan dengan nilai rata-rata pretest 57,75% meningkat menjadi 91% sehingga dapat dinyatakan bahwa kemampuan kognitif siswa meningkat setelah penggunaan media. Selain itu, berdasarkan uji Wilcoxon mendapatkan hasil nilai tingkat Signifikasi 0,000 lebih kecil dari 0,005. Berdasarkan hasil output pengujian ini menunjukkan hasil bahwa penggunaan media pembelajaran flipbook berbasis proyek efektif dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas V MI Fattakhul Irsyad Santren.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Faiz Zulfaida |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 06:16 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 06:16 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18107 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |