Denada, Vallencia (2025) PENGEMBANGAN MEDIA MISTERI BOX PANCASILA UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV MIN 1 KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA NEGERI ISLAM KEDIRI.
![]() |
Text
21206124_prabab.pdf Download (779kB) |
![]() |
Text
21206124_bab1.pdf Download (676kB) |
![]() |
Text
21206124_bab2.pdf Download (676kB) |
![]() |
Text
21206124_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (900kB) |
![]() |
Text
21206124_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
21206124_bab5.pdf Download (541kB) |
![]() |
Text
21206124_daftarpustaka.pdf Download (547kB) |
![]() |
Text
21206124_lampiran.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
21206124_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (196kB) |
Abstract
Vallencia Denada, Dosen Pembimbing Ibu Choirul Annisa M.Pd. dan bapak Dr. Khainnudin, S.Pd.I M.Ag. pengembangan media Mistery Box Pancasila untuk meningkatkan keaktifan peserta didik mata Pelajaran Pendidikan pancasila kelas IV MIN 1 Kediri, Skripsi, Progam Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, Institute Agama Islam Negeri Kediri, 2025 Kata Kunci : Media Mistery Box Pancasila, Pendidikan Pancasila, Kekatifan Belajar, Pembelajaran Interaktif, Sekolah Dasar. Latar belakang penelitian didasarkan pada rendahnya keaktifan belajar peserta didik. Yang ditunjukkan melalui kurangnya antusias dan partisipasi saat pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan, mengevaluasi kelayakan dan mengukur efektivitas media pembelajaran Mistery Box Pancasila dalam meningkatkan keaktifan peserta didik kelas IV MIN 1 KEDIRI pada mata Pelajaran Pendidikan pancasila Media Mistery Box Pancasila dikembangkan sebagai inovasi pembelajaran berbasis visual dan praktik langsung guna menambuhkan minat ,kreatif, dan kekaktifan peserta didik. Penelitian ini merujuk pada teori Jerome bruner yang menekankan pentingnya pembelajaran aktif melalui eksplorsi, langsung terhadap objek konkret. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan pendekatan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Validasi dilakukan untuk melihat ahli media, ahli materi dan uji coba kepada peserta didik dalam skala kecil dan besar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Mistery Box Pancasila sangat layak digunakan, dibuktikan skala dari skor validasi yang meningkat dari 60% menjadi 86% (kategori sangat layak). Media ini juga terbukti efektif berdasarkan hasil uji efektifan berdasarkan hasil uji kelayakan dengan uji N-Gain sebesar 0,9575 (kelompok kecil)dan untuk mengetahui keefektifan media Mistery Box Pancasila berdasarkan uji N-Gain sebesar 0,9164(kelompok besar) termasuk dalam kategori tinggi. Penggunaan media Mistery Box Pancasila memberikan dampak positif terhadapan peningkatan keaktifan peserta didik, seperti keaktifan dalam antusias belajar, bertanyaa kepada guru, menjawab pertanyaan dengan maju kedepan kelas, dan keaktifan mengerjakan tugas dengan tapat waktu. Dengan demikian, penggunaan media Mistery Box Pancasila tidak hanya untuk meningkatkan keaktifan peserta didik tetapi juga dapat meningkatkan pemahaman belajar yang lebih menyenangkan. peneliti juga memberikan kontribusi dalam pengembangan media pembelajaran yang lebih interaktif dan menyenangkan serta dapat menjadi alternatif Solusi dalam pembelajaran Pendidikan pancasila ditingkat sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | VALLENCIA DENADA |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 04:53 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 04:53 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18098 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |