Sulthoniyah, Kharisma Lutfi (2025) Pengembangan media pembelajaran pop up history book untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam dan sosial (ipas) kelas IV MI Islamiyah Banjarmlati. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21206020_prabab.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
21206020_bab1.pdf Download (533kB) |
![]() |
Text
21206020_bab2.pdf Download (452kB) |
![]() |
Text
21206020_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (459kB) | Request a copy |
![]() |
Text
21206020_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
21206020_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (217kB) | Request a copy |
![]() |
Text
21206020_daftarpustaka.pdf Download (224kB) |
![]() |
Text
21206020_lampiran.pdf Download (4MB) |
![]() |
Image
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.jpg Restricted to Repository staff only Download (655kB) | Request a copy |
Abstract
Materi sejarah memiliki potensi besar dalam memengaruhi pemahaman siswa tentang identitas mereka sebagai individu dan sebagai anggota masyarakat. Keterampilan guru sangat dibutuhkan di dalam kelas dalam memberikan gambaran tentang peristiwa sejarah dengan jelas kepada siswa, sehingga memiliki gambaran dari suatu peristiwa sejarah. Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah kurangnya variasi dalam media pembelajaran, khususnya dalam materi kerajaan-kerajaan nusantara.Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk (1) untuk mengetahui prosedur pengembangan media pop up history book untuk meningkatkan hasil belajar siswa, (2) untuk mengetahui kelayakan media pop up history book untuk meningkatkan hasil belajar siswa, dan (3) untuk mengetahui keefektifan media pop up history book untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah jenis penelitian Research and Development (R&D). Pengembangan media pop up history book ini mengacu pada model pengembangan ADDIE yang memiliki lima tahapan: 1) Analisis (Analysis), 2) Desain (Design), 3) Pengembangan (Development), 4) Implementasi (Implementation), dan 5) Evaluasi (Evaluation). Penelitian ini dilakukan di MI Islamiyah Banjarmlati dengan subjek penelitian yaitu kelas IV yang berjumlah 27 siswa. Hasil penilaian dari ahli angket diperoleh skor 97,5 %, penilaian ahli materi diperoleh skor 95 %, penilaian ahli media diperoleh skor 90 %. Adapun penilaian ahli pembelajaran diperoleh skor 97,5 %, sedangkan penilaian angket respon siswa diperoleh skor rata-rata 93 %. Berdasarkan perolehan skor kelayakan di atas, media pop up history book dapat dikatakan “sangat layak”. Hal ini juga diperkuat dengan uji n-gain untuk melihat perbedaan hasil belajar dari pretest ke posttest diperoleh skor 0, 6366 dengan persentase 63,6587 % yaitu dikategorikan “sedang”. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran pop up history book dapat dikatakan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) materi kerajaan-kerajaan nusantara di kelas IV MI Islamiyah Banjarmlati.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES (Ilmu Lingkungan) > 0599 other environmental sciences > 059999 Environmental Sciences not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | KHARISMA LUTFI SULTHONIYAH |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 03:39 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 03:39 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18092 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |