DAMPAK MARKETPLACE SHOPEE TERHADAP PERUBAHAN LIFESTYLE MAHASANTRI DI PESANTREN PELAJAR AL-FATH REJOMULYO KEDIRI

Hamidah, Salma Diah Ayu (2025) DAMPAK MARKETPLACE SHOPEE TERHADAP PERUBAHAN LIFESTYLE MAHASANTRI DI PESANTREN PELAJAR AL-FATH REJOMULYO KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20401122_prabab.pdf

Download (471kB)
[img] Text
20401122_bab1.pdf

Download (278kB)
[img] Text
20401122_bab2.pdf

Download (310kB)
[img] Text
20401122_bab3.pdf

Download (257kB)
[img] Text
20401122_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB)
[img] Text
20401122_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[img] Text
20401122_bab6.pdf

Download (191kB)
[img] Text
20401122_daftarpustaka.pdf

Download (180kB)
[img] Text
20401122_lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20401122_suratpernyataan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)

Abstract

SALMA DIAH AYU HAMIDAH, Dosen Pembimbing I Sri Hariyanti SHI, MM dan Dosen Pembimbing II Choiril Anam, M.EI, Dampak Marketplace Shopee Terhadap Perubahan Lifestyle Mahasantri Di Pesantren Pelajar Al-Fath Rejomulyo Kediri, Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. IAIN Kediri, 2025 Kata Kunci: Marketplace Shopee, Lifestyle Marketplace adalah sebuah platform, baik berbasis digital maupun fisik, yang mempertemukan penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli. Dampak marketplace meliputi sektor dampak ekonomi dan dampak sosial. Penggunaan marketplace dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu biaya murah, kualitas barang, kepercayaan, dan fasilitas transaksi yang beragam. Gaya hidup (lifestyle) merupakan cara individu atau kelompok dalam menjalani kehidupan sehari-hari yang tercermin melalui aktivitas, minat, opini, serta nilai-nilai yang dianut. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Data yang diambil dikumpulkan melalui observasi di lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data berasal dari data primer yang dikumpulkan penulis melalui wawancara mahasantri serta data sekunder yang berasal dari penelitian terdahulu sebagai penunjang sumber data primer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dampak Marketplace Shopee Terhadap Perubahan Lifestyle Mahasantri Di Pesantren Pelajar Al-Fath Rejomulyo Kediri memiliki dampak yang signifikan. Dalam aspek aktivitas, mahasantri lebih sering menghabiskan waktu untuk berbelanja online dibandingkan dengan mengunjungi toko secara langsung. Dalam aspek minat, muncul ketertarikan terhadap produk-produk seperti skincare, alat tulis, bahkan Shopeefood untuk memenuhi kebutuhan mereka. Dalam aspek opini, para mahasantri cenderung merasakan kemudahan dalam berbelanja tanpa harus keluar pondok.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1499 Other Economics > 149901 Comparative Economic Systems
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: SALMA DIAH AYU HAMIDAH
Date Deposited: 07 Jul 2025 04:49
Last Modified: 07 Jul 2025 04:49
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18090

Actions (login required)

View Item View Item