Al Firdausi, Muhammad Abdullah Hasan (2025) Implementasi Pendidikan Humanis dalam Pengembangan Potensi siswa di MTsN 3 Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.
![]() |
Text
21201003_prabab.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
21201003_bab1.pdf Download (448kB) |
![]() |
Text
21201003_bab2.pdf Download (385kB) |
![]() |
Text
21201004_bab3.pdf Download (433kB) |
![]() |
Text
21201003_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (359kB) | Request a copy |
![]() |
Text
21201003_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (335kB) | Request a copy |
![]() |
Text
21201003_bab6.pdf Download (205kB) |
![]() |
Text
21201003_daftarpustaka.pdf Download (425kB) |
![]() |
Text
21201003_lampiran.pdf Download (788kB) |
![]() |
Text
21201003_Lembar Pernyataan Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (399kB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan bukan hanya sekedar menghafalkan informasi anak didik, atau melatih anak menjadi robot agar guru menjadi senang. Pendidikan menjadi bersifat dehumanisasi. Dengan prinsip pendidikan humanis yang membebaskan siswa dalam mengembangkan potensinya, yang diterapkan oleh MTsN 3 Kab Kediri , maka pendidikan humanis menjadi relevan untuk menghadapi fenomena tersebut. penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui perencanaan pendidikan humanis di MTsN 3 Kabupaten Kediri 2) Untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan humanis di MTsN 3 Kabupaten Kediri 3) Untuk mengetahui evaluasi pendidikan humanis di MTsN 3 Kabupaten Kediri 4) Untuk Mengetahui hasil pendidikan Humanis dalam pengembangan Potensi siswa di MTsN 3 Kabupatn Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan analisis dokumen yang melibatkan siswa, guru, dan tenaga kependidikan. Fokus penelitian adalah implementasi pendidikan humanis dalam pengembangan potensi siswa dan pengembangan potensi siswa dalam kegiatan pendidikan di MTsN 3 Kabupaten Kediri. Hasil Penelitian secara garis besar MTsN 3 Kediri mengimplementasikan pendidikan humanis melalui 1) perencanaan pendidikan humanis di MTsN 3 Kediri guru mengenali keunikan siswa melalui observasi dan pendekatan personal. Kemudian menentukan gaya belajar yang cocok dengan siswa. 2) Proses pelaksanaan pendidikan humanis diwarnai dengan diskusi, refleksi, dan partisipasi aktif siswa. memberikan ruang bagi siswa untuk menyampaikan pendapat, mengajukan pertanyaan, dan mengembangkan ide secara bebas. 3) Evaluasi di MTsN 3 Kediri pendidikan humanis dilakukan secara menyeluruh dan kualitatif, menggunakan instrumen seperti observasi sikap, refleksi guru, umpan balik. 4) Implementasi pendidikan Humanis di MTsN 3 Kediri memberikan ruang kebebasan berekspresi guna menumbuhkan kepercayaan diri dan tanggung jawab. Kedekatan emosional antara guru dan siswa. terciptanya suasana belajar yang nyaman dan suportif, yang secara langsung meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management) ; Kurikulum dan Pedagogi Humaniora dan Ilmu Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | M. ABDULLAH HASAN AL F. |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 04:43 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 04:43 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18079 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |