Strategi Peningkatan Mutu Pembelajaran Melalui Pengembangan Sumber Daya Guru Di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Al-Huda Kota Kediri

Amaliyatussolihah, Fika (2025) Strategi Peningkatan Mutu Pembelajaran Melalui Pengembangan Sumber Daya Guru Di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Al-Huda Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21205045_prabab.pdf

Download (966kB)
[img] Text
21205045_bab1.pdf

Download (468kB)
[img] Text
21205045_bab2.pdf

Download (472kB)
[img] Text
21205045_bab3.pdf

Download (404kB)
[img] Text
21205045_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
21205045_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB)
[img] Text
21205045_bab6.pdf

Download (420kB)
[img] Text
21205045_daftarpustaka.pdf

Download (390kB)
[img] Text
21205045_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
21205045_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf

Download (188kB)

Abstract

FIKA AMALIYATUSSOLIHAH, Dosen Pembimbing Prof. Dr. Hj. Munifah, M.Pd dan Puspoko Ponco Ratno, M.T, Strategi Peningkatan Mutu Pembelajara Melalui Pengembangan Sumber Daya Guru Di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Al-Huda Kota Kediri. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2025 Kata Kunci : Strategi, Pengembangan Guru, Mutu Pembelajaran Mutu pembelajaran di lembaga pendidikan sangat ditentukan oleh kualitas sumber daya manusia, khususnya guru, yang berperan penting dalam menciptakan proses belajar mengajar yang efektif dan menyenangkan. Di SMP Al-Huda Kota Kediri, rendahnya motivasi dan kreativitas sebagian guru menjadi salah satu penyebab belum optimalnya mutu pembelajaran. Permasalahan ini mendorong perlunya strategi pengembangan sumber daya guru yang terencana dan sistematis guna meningkatkan kompetensi serta profesionalisme guru sebagai upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan secara keseluruhan. Berdasarkan kondisi tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi peningkatan mutu pembelajaran melalui pengembangan sumber daya guru, khususnya dalam aspek perencanaan, implementasi, dan evaluasi strategi pengembangan di SMP Al-Huda Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru, dan peserta didik. Analisis data dilakukan secara induktif untuk menggambarkan realitas secara kontekstual di lapangan dengan menggunakan model interaktif yang meliput, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data yang sudah sesuai kemudia dilakukan triangulasi. Peneliti hadir secara langsung untuk memahami dinamika strategi pengembangan guru sebagai upaya peningkatan mutu pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi peningkatan mutu pembelajaran di SMP Al-Huda Kota Kediri melalui pengembangan sumber daya guru dilaksanakan secara komprehensif. Perencanaan program pengembangan guru disusun berdasarkan analisis kebutuhan dan melibatkan berbagai pihak. Pelaksanaan program meliputi berbagai bentuk pelatihan, workshop, lesson study, dan pendampingan, yang berorientasi pada peningkatan kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial guru. Evaluasi dilakukan secara berkala untuk mengukur efektivitas program dan melakukan penyesuaian yang diperlukan. Dampak dari strategi ini terlihat pada peningkatan profesionalisme guru, penggunaan metode pembelajaran yang lebih inovatif, peningkatan keaktifan peserta didik, dan pada akhirnya, peningkatan mutu pembelajaran secara keseluruhan di SMP Al-Huda Kota Kediri. Dengan demikian, dapat disimpulan bahwa strategi pengembangan sumber daya guru dirancang secara terstruktur dan berkelanjutan mampu menjadi Solusi efektif dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMP Al-Huda Kota Kediri.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education (Pendidikan dan pelatihan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: FIKA AMALIYATUSSOLIHAH
Date Deposited: 03 Jul 2025 06:41
Last Modified: 03 Jul 2025 06:41
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17959

Actions (login required)

View Item View Item