Dwi, Azzahra (2025) Pengaruh Kemudahan Penggunaan Aplikasi Byond By BSI Terhadap Loyalitas Nasabah pada Mahasiswa IAIN KEDIRI Program Studi Perbankan Syariah Angkatan 2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21402144_prabab.pdf Download (869kB) |
![]() |
Text
21402144_bab1.pdf Download (685kB) |
![]() |
Text
21402144_bab2.pdf Download (752kB) |
![]() |
Text
21402144_bab3.pdf Download (391kB) |
![]() |
Text
21402144_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (536kB) |
![]() |
Text
21402144_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (513kB) |
![]() |
Text
21402144_bab6.pdf Download (105kB) |
![]() |
Text
21402144_daftarpustaka.pdf Download (230kB) |
![]() |
Text
21402144_lembarpernyataanupload.pdf Download (56kB) |
Abstract
Kata Kunci: Kemudahan, Loyalitas Nasabah. Persepsi kemudahan penggunaan adalah tentang seberapa mudah suatu sistem digunakan, yang mengacu pada keyakinan pengguna bahwa sistem dapat membantu mereka melakukan tugas mereka tanpa banyak usaha. Dengan melihat perubahan nasabah ke penggunaan layanan perbankan berbasis teknologi, maka bank sebagai penyedia jasa layanan perlu menyediakan aplikasi yang mudah, aman dan cepat seperti Byond By BSI. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh kemudahan penggunaan Byond By BSI terhadap loyalitas nasabah pada mahasiswa IAIN Kediri Program Studi Perbankan Syariah Angkatan 2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel terdiri dari 54 responden yang merupakan mahasiswa IAIN Kediri Program Studi Perbankan Syariah Angkatan 2021 yang menggunakan Aplikasi Byond lebih dari 1 kali yang pemilihan responden menggunakan teknik sampel jenuh. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji validitas, uji realibilitas, analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedatisitas, uji korelasi, analisis regresi sederhana, uji hipotesis T, dan koefisien determinasi (R2 ). Hasil penelitian ini menunjukkan variabel kemudahan penggunaan (X) memperoleh nilai mean sebesar 22,81 dengan standar deviasi sebesar 3,257. Mengacu pada pengelompokkan kategorisasi variabel nilai mean kemudahan penggunaan (X) masuk ke dalam kategori “cukup baik” yaitu berada pada skor 21,18 ≤ X < 24,45. Sedangkan variabel loyalitas (Y) memperoleh nilai mean sebesar 27,1296 dengan standar deviasi sebesar 3,01597. Mengacu pada pengelompokkan kategorisasi variabel nilai mean loyalitas (Y) masuk ke dalam kategori “cukup baik” yaitu berada pada skor 25,63 ≤ X < 28,64. Berdasarkan pengujian hipotesis uji T, nilai hitung > t tabel (2,105 > 0,510) dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa H0 ditolak dan H1 diterima sehingga variabel kemudahan penggunaan (X) memiliki pengaruh terhadap loyalitas nasabah (Y) pada mahasiswa IAIN Kediri Program Studi Perbankan Syariah Angkatan 2021. Selain itu, berdasarkan pengujian koefisien determiasi (R2) diperoleh hasil R square sebesar 0,061 yang artinya kemudahan penggunaan mempengaruhi loyalitas nasabah sebesar 61% dan sisanya 39% dipengaruhi oleh faktor, seperti kualitas produk, pelayanan, dan harga yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1502 Banking, Finance and Investment, Financial Institution > 150203 Financial Institutions (incl. Banking) > 15020301 Bank (incl. Bank Syariah) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Perbankan Syariah |
Depositing User: | AZZAHRA DWI KURNIAWATI |
Date Deposited: | 01 Jul 2025 08:27 |
Last Modified: | 01 Jul 2025 08:27 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17847 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |