Ningrum, Dwinta Astia (2025) Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis dan Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Literasi Matematis dengan Gaya Belajar sebagai Variabel Moderator. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21204064_PRABAB.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
21204064_BAB1.pdf Download (573kB) |
![]() |
Text
21204064_BAB2.pdf Download (689kB) |
![]() |
Text
21204064_BAB3.pdf Download (812kB) |
![]() |
Text
21204064_BAB4.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
21204064_BAB5.pdf Download (348kB) |
![]() |
Text
21204064_BAB6.pdf Download (335kB) |
![]() |
Text
21204064_DAFTARPUSTAKA.pdf Download (286kB) |
![]() |
Text
21204064_LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
21204064_LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (193kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan apakah gaya belajar terbukti menjadi variabel moderator kecerdasan logis terhadap kemampuan literasi matematis, serta menjelaskan apakah gaya belajar terbukti menjadi variabel moderator kemandirian belajar terhadap kemampuan literasi matematis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis data yang digunakan berupa Structural Equaiton Modeling (SEM). Untuk mengukur variabel dalam penelitian ini, peneliti menggunakan instrumen soal tes kemampuan literasi matematis dan kecerdasan logis matematis, serta angket kemandirian belajar dan gaya belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan logis matematis dan kemandirian belajar terhadap kemampuan literasi matematis. Gaya belajar mampu memoderasi pengaruh antara kecerdasan logis matematis terhadap kemampuan literasi matematis, gaya belajar mampu memoderasi pengaruh antara kemandirian belajar terhadap kemampuan literasi matematis. Implikasi dari penelitian ini bagi pendidik adalah sebagai acuan untuk proses pembelajaran yang lebih terarah dan optimal, serta memberikan pemahaman mengenai pentingnya kecerdasan logis matematis dan kemandirian belajar yang harus terus diasah untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika |
Depositing User: | DWINTA ASTIA NINGRUM |
Date Deposited: | 01 Jul 2025 04:02 |
Last Modified: | 01 Jul 2025 04:02 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17837 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |