Oktavia, Churin (2025) Pengaruh Viral Marketing Dan Online Customer Riview Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Mie Gacoan Kediri 2 (Studi Pada Mahasiswa IAIN Kediri Angkatan 2021-2024). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21403004_prabab.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
21403004_bab1.pdf Download (455kB) |
![]() |
Text
21403004_bab2.pdf Download (224kB) |
![]() |
Text
21403004_bab3.pdf Download (215kB) |
![]() |
Text
21403004_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (430kB) |
![]() |
Text
21403004_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (182kB) |
![]() |
Text
21403004_bab6.pdf Download (73kB) |
![]() |
Text
21403004_daftarpustaka.pdf Download (155kB) |
![]() |
Text
21403004_persetujuan e-thesis.pdf Download (174kB) |
Abstract
Oktavia, Churin. Pembimbing: Nilna Fauza, M.HI dan Yopi Yudha Utama, S.E, M.S.A. Pengaruh Viral Marketing dan Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian di Mie Gacoan Kediri 2 (Studi Pada Mahasiswa IAIN Kediri Angkatan 2021-2024). Skripsi, Program Studi Manajemen Bisnis Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Kediri, 2025. Kata Kunci: Viral Marketing, Online Customer Review, Keputusan Pembelian, Statistik Regresi, Mie Gacoan. Transformasi digital telah mendorong pergeseran dalam perilaku konsumen, khususnya di kalangan generasi muda yang aktif menggunakan media sosial. Dalam konteks ini, viral marketing dan online customer review menjadi dua strategi utama yang berpotensi memengaruhi keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh viral marketing dan online customer review terhadap keputusan pembelian mahasiswa IAIN Kediri angkatan 2021–2024 terhadap produk Mie Gacoan Kediri 2. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif dan menggunakan metode survei. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 335 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner skala Likert, dan data dianalisis menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan SPSS versi 25. Uji validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa semua item instrumen valid (r > 0,30) dan reliabel (Cronbach’s Alpha > 0,80). Hasil uji t menunjukkan bahwa viral marketing berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (nilai t = 6,201; Sig. = 0,000 < 0,05), dan online customer review juga berpengaruh signifikan (nilai t = 3,554; Sig. = 0,000 < 0,05). Hasil uji F sebesar Fhitung = 87,434 dengan Sig. = 0,000 < 0,05, menunjukkan bahwa kedua variabel secara simultan berpengaruh signifikan. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,348, yang berarti bahwa 34,8% variasi dalam keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh viral marketing dan online customer review. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa viral marketing dan online customer review memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis dalam pengembangan ilmu pemasaran digital serta rekomendasi praktis bagi pelaku bisnis kuliner untuk mengoptimalkan strategi konten viral dan ulasan daring guna meningkatkan daya saing usaha dan loyalitas konsumen.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | CHURIN OKTAVIA |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 08:05 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 08:05 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17825 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |