Etnomatematika Pada Pura Kerta Bhuwana Giri Wilis Nganjuk Sebagai Perangkat Pembelajaran Matematika

Uswah, Ali Huriya Harimatul (2024) Etnomatematika Pada Pura Kerta Bhuwana Giri Wilis Nganjuk Sebagai Perangkat Pembelajaran Matematika. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932308419_PRABAB.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932308419_BAB1.pdf

Download (227kB)
[img] Text
932308419_BAB2.pdf

Download (479kB)
[img] Text
932308419_BAB3.pdf

Download (290kB)
[img] Text
932308419_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
932308419_BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text
932308419_BAB6.pdf

Download (154kB)
[img] Text
932308419_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (223kB)
[img] Text
932308419_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
932308419_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (155kB)

Abstract

Etnomatematika merupakan pendekatan matematika melalui budaya. Masyarakat dapat menemukan dan menggali konsep matematika dalam budaya, sehingga mereka akan menyadari bahwa terdapat hubungan yang erat antara matematika dan budaya. Salah satu implementasi budaya yang dapat dijadikan media pembelajaran yaitu pura. Bentuk dari pura dapat dijadikan media pembelajaran matematika pada bidang geometri disekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep matematika yang ada pada Pura Kerta Bhuwana Giri Wilis Nganjuk dan selanjutnya digunakan sebagai perangkat pembelajaran matematika berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Instrumen utama pada penelitian ini adalah peneliti sendiri. Prosedur pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pada tahap analisis data, penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Sedangkan dalam pengecekan keabsahan data, penelitian ini menggunakan menggunakan triangulasi teknik dimana peneliti mengumpulkan data yang berbeda-beda untuk mendapatkan data dari sumber data yang sama. Hasil analisis selanjutnya dinilai kesepakatan rater menggunakan formula Gwet’s AC1 coefficient. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada Pura Kerta Bhuwana terdapat konsep matematika. Konsep matematika yang ditemukan yaitu bangun datar (persegi, persegi panjang, segitiga, trapesium, dan belah ketupat), bangun ruang (limas segiempat, prisma segiempat, dan tabung), dan transformasi geometri (refleksi dan rotasi).Etnomatematika yang diperoleh kemudian digunakan sebagai perangkat pembelajaran matematika berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Etnomatematika yang digunakan sebagai materi RPP adalah bangun datar berupa persegi, persegi panjang, segitiga, trapesium, dan belah ketupat. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dapat digunakan untuk siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) kelas VII.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Ali Huriya Harimatul Uswah
Date Deposited: 25 Jun 2025 06:21
Last Modified: 25 Jun 2025 06:21
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17733

Actions (login required)

View Item View Item