Agustin, Fajar Reyna (2025) Efektivitas Model pembelajaran Learning Cycle Dalam Meningkatkan Ketramilan Berbicara Bahasa Arab Siswa Kelas X MAN 2 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA NEGERI ISLAM KEDIRI.
![]() |
Text
20203078_prabab.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
20203078_bab1.pdf Download (514kB) |
![]() |
Text
20203078_bab2.pdf Download (572kB) |
![]() |
Text
20203078_bab3.pdf Download (430kB) |
![]() |
Text
20203078_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (652kB) |
![]() |
Text
20203078_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (420kB) |
![]() |
Text
20203078_bab6.pdf Download (437kB) |
![]() |
Text
20203078_daftarpustaka.pdf Download (392kB) |
![]() |
Text
20203078_lampiran.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
20203078_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) |
Abstract
Agustin, Fajar Reyna. Dosen Pembimbing Sholihuddin Ahmad, M.Pd.I dan Affyuddin, Sholeh, M.Pd. Efektivitas Model pembelajaran Learning Cycle Dalam Meningkatkan Ketramilan Berbicara Bahasa Arab Siswa Kelas X MAN 2 Kota Kediri, Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri 2025. Kata Kunci: Efektivitas, Learning Cycle, Ketrampilan Berbicara Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Learning Cycle dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas X MAN 2 Kota Kediri, juga untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Learning Cycle pada ketrampilan berbicara bahasa arab. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam menerapkan ketrampilan berbicara, yang disebabkan oleh kurangnya pemahaman dan keterlibatan dalam proses pembelajaran bahasa Arab. Metode penelitian yang digunakan adalah true eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Penelitian ini melibatkan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen menggunakan model pembelajaran Learning Cycle dan kelompok kontrol menggunakan hafalan sebagai model pembelajaran dengan masing-masing kelompok berjumlah 15 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi tes pretest dan posttest untuk mengukur penguasaan ketrampilan berbicara. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji statistik perametrik seperti uji t-test dan uji N-gain untuk mengetahui peningkatan penguasaan ketrampilan berbicara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Nilai rata-rata posttest pada kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol, tang menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Learning Cycle efektiv dalam mengingkatkan ketrampilan berbicara bahasa Arab. Selain itu, berdasarkan perhitungan N-gain, peningkatan keterampilan berbicara bahasa arab pada kelompok eksperimen berada pada kategori sedang. Berdasarkan hal tersebut, dapat di simpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Learning Cycle mampu memberikan dampak positif terhadap peningkatan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | FAJAR REYNA AGUSTIN |
Date Deposited: | 25 Jun 2025 03:38 |
Last Modified: | 25 Jun 2025 03:38 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17682 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |