Silma, Fanni (2025) PENGEMBANGAN MEDIA BUKU CERITA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT LITERASI NUMERASI SISWA KELAS 1 SD/MI. Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KEDIRI.
![]() |
Text
21206073_prabab.pdf Download (970kB) |
![]() |
Text
21206073_bab1.pdf Download (310kB) |
![]() |
Text
21206073_bab2.pdf Download (519kB) |
![]() |
Text
21206073_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (391kB) |
![]() |
Text
21206073_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text
21206073_bab5.pdf Download (220kB) |
![]() |
Text
21206073_daftarpustaka.pdf Download (219kB) |
![]() |
Text
21206073_lampiran.pdf Download (12MB) |
![]() |
Text
21206073_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (202kB) |
Abstract
Fanni Silma, Dosen Pembimbing Dr. Muhammad Ilman Nafi’an, M.Pd. dan Dr. Fartika Ifriqia, M.Pd. Pengembangan Media Buku Cerita Materi Penjumlahan dan Pengurangan Untuk Meningkatkan Minat Literasi Numerasi Siswa Kelas 1 SD/MI, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2025. Kata Kunci: Pembelajaran Matematika, Media Buku Cerita, Literasi Numerasi. Permasalahan terjadi pada siswa kelas 1 di MI Miftahul Huda Lamong, dari 20 siswa kelas 1, sebanyak 16 siswa (80%) masih belum bisa membaca dengan lancar, sedangkan 4 siswa lainnya (20%) sudah bisa membaca tetapi dengan minat yang rendah karena kurangnya pembiasaan membaca di kelas, terbatasnya media pembelajaran, dan kurangnya sarana prasarana yang menunjang minat literasi numerasi siswa. Dalam penelitian ini, peneliti memiliki tujuan 1) Untuk mengembangkan media buku cerita materi penjumlahan dan pengurangan mata pelajaran matematika; 2) Untuk mengetahui kelayakan media buku cerita materi penjumlahan dan pengurangan mata pelajaran matematika; 3) Untuk mengetahui efektivitas buku cerita mampu meningkatkan literasi numerasi siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian R&D (Research and Development) dengan model penelitian dan pengembangan ADDIE memiliki 5 tahapan yaitu, 1) Analisis; 2) Perencanaan; 3) Pengembangan; 4) Implementasi; 5) Evaluasi. Hasil penelitian ini adalah 1) Buku cerita telah dikembangkan dengan visualisasi menarik dan muatan materi penjumlahan dan pengurangan yang telah disesuaikan dengan perkembangan dan karakteristik siswa kelas 1 SD/MI; 2) Pengembangan media buku cerita materi penjumlahan dan pengurangan diperoleh presentasi kelayakan oleh para ahli diperoleh hasil lebih dari 80% dengan kriteria “Sangat Layak.” Dapat disimpulkan bahwa media buku cerita seri literasi numerasi layak digunakan dalam pembelajaran; 3) Buku cerita efektif meningkatkan minat literasi numerasi siswa melalui uji coba kelompok kecil dan kelompok besar. Berdasarkan uji N-Gain diperoleh nilai rata-rata (mean) yaitu 0,8640. Maka berdasarkan tingkat efektivitas pembelajaran termasuk kategori tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media buku cerita materi penjumlahan dan pengurangan efektif digunakan untuk meningkatkan minat literasi numerasi siswa kelas 1 di MI Miftahul Huda Lamong.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Fanni Silma |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 05:35 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 05:35 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17605 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |