PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI PANCASILA KELAS IV MI MANBAUL HIKMAH

Widiawati, Evia Laily (2024) PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI PANCASILA KELAS IV MI MANBAUL HIKMAH. Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KEDIRI.

[img] Text
20206074_prabab.pdf

Download (671kB)
[img] Text
20206074_bab1.pdf

Download (335kB)
[img] Text
20206074_bab2.pdf

Download (375kB)
[img] Text
20206074_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB)
[img] Text
20206074_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (952kB)
[img] Text
20206074_bab5.pdf

Download (237kB)
[img] Text
20206074_daftarpustaka.pdf

Download (297kB)
[img] Text
20206074_lampiran.pdf

Download (2MB)
[img] Text
20206074 _lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)

Abstract

Evia Laily Widiawati, Pengembangan Media Big Book Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Pancasila Kelas IV MI Manbaul Hikmah, 2024. Skripsi, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Study, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri. Dosen Pembimbing (1) Novi Rosita Rahmawati, M.pd., Dosen Pembimbing (2) Sheila Fakhria, M.H.. Kata Kunci : Pengembangan, Media Big Book, Pemahaman Belajar Berdasarkan hasil Pra penelitian di MI Manbaul Hikmah Mojo Kediri di ketahui bahwa kurangnya pemahaman dan fokus belajar peserta didik, serta terbatasnya media pembelajaran mengakibatkan peserta didik kurang tertarik dengan materi pembelajaran yang berdampak pada terbatasnya kemampuan pemahaman peserta didik terutama pada Pembelajaran Ppkn materi Pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetetahui prosedur pengembangan media Big book, (2) mengetahui kelayakan media Big book, (3) mengetahui keefektifan media Big book. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian RnD (Research and Development) dengan menggunakan Model ADDIE yang menggunakan 5 tahapan yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan),implementation (implementasi),evaluation (evaluasi). Subjek validasi pada penelitian ini yaitu ahli bahasa, ahli materi, ahli media dan 7 peserta didik untuk uji kelompok kecil ,13 peseta didik untuk uji kelompok besar. Hasil penelitian menunjukkan (1) Pada tahap pengembangan media pembelajaran Big book yaitu melalui lima tahapan di antaranya analisis kebutuhan, analisis kurikulum dan analisis peserta didik; desain atau rancangan media Big book; pengembangan produk;implementasi dan evaluasi (2) Hasil kelayakan produk di peroleh dari validasi ahli bahasa memperoleh rata – rata persentase 84% dengan kriteria sangat layak, pada hasil validasi ahli materi memperoleh persentase 82,5% dengan kriteria sangat layak dan pada validasi ahli media memperoleh persentase 85% dengan kriteria sangat layak hal ini menunjukkan bahwa produk layak di gunakan untuk di uji cobakan.(3) Efektivitas belajar sebelum dan setelah menggunakan media Big book hasil belajar siswa dilakukan melalui hasil nilai pretest dan posttest yang memperoleh rata – rata skor N-Gain 0,61 pada uji coba kelompok kecil dan skor rata – rata 0,56 pada uji kelompok besar dengan kategori “sedang”. Jadi Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan pemahaman pada peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran Big book di kelas IV MI Manbaul Hikmah.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: EVIA LAILY WIDIAWATI
Date Deposited: 17 Jul 2025 02:32
Last Modified: 17 Jul 2025 02:32
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17568

Actions (login required)

View Item View Item