PENGARUH PERSEPSI MANFAAT (PERCEIVED USEFULNESS) TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN BSI MOBILE (Studi Pada Nasabah BSI KCP Kediri Pare Supratman)

Affifah, Alvina Nur (2025) PENGARUH PERSEPSI MANFAAT (PERCEIVED USEFULNESS) TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN BSI MOBILE (Studi Pada Nasabah BSI KCP Kediri Pare Supratman). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931424418_prabab.pdf

Download (790kB)
[img] Text
931424418_bab1.pdf

Download (555kB)
[img] Text
931424418_bab2.pdf

Download (352kB)
[img] Text
931424418_bab3.pdf

Download (486kB)
[img] Text
931424418_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB)
[img] Text
931424418_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img] Text
931424418_bab6.pdf

Download (191kB)
[img] Text
931424418_daftarpustaka.pdf

Download (317kB)

Abstract

ALVINA NUR AFFIFAH, 2025. Pengaruh Persepsi Manfaat (Perceived Usefulness) Terhadap Keputusan Penggunaan BSI Mobile (Studi Pada Nasabah BSI KCP Kediri Pare Supratman), Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Kediri. Dosen Pembimbing (1) yaitu Dr. Zuraidah, M.Si., dan Dosen Pembiming (2) yaitu Dr. Muhamad Wildan Fawa’id, M.Ei. Kata Kunci : Persepsi Manfaat, Perceived Usefulness, Keputusan Penggunaan, BSI Mobile, Nasabah Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi manfaat (perceived usefulness) terhadap keputusan penggunaan BSI Mobile pada nasabah BSI KCP Kediri Pare Supratman. Perkembangan teknologi informasi telah mengubah lanskap perbankan, mendorong adopsi aplikasi perbankan seluler seperti BSI Mobile. Pemahaman mengenai faktor-faktor yang memengaruhi keputusan nasabah untuk menggunakan aplikasi ini menjadi krusial bagi pengembangan layanan dan strategi pemasaran bank. Teori Penerimaan Teknologi (TAM) menjadi landasan teoritis dalam penelitian ini, dengan fokus pada konstruk perceived usefulness sebagai anteseden utama dari niat dan perilaku penggunaan teknologi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survei. Kuesioner disebarkan kepada 294 nasabah BSI KCP Kediri Pare Supratman yang telah menggunakan aplikasi BSI Mobile. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, dengan kriteria responden adalah nasabah aktif BSI KCP Kediri Pare Supratman yang memiliki dan menggunakan aplikasi BSI Mobile. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik regresi linier sederhana untuk menguji pengaruh langsung persepsi manfaat terhadap keputusan penggunaan BSI Mobile. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi manfaat memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan BSI Mobile pada nasabah BSI KCP Kediri Pare Supratman. Hal ini mengindikasikan bahwa semakin tinggi tingkat keyakinan nasabah bahwa BSI Mobile bermanfaat dalam melakukan transaksi perbankan, semakin besar pula kemungkinan mereka untuk terus menggunakan aplikasi tersebut. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya bagi pihak BSI untuk terus meningkatkan fitur dan kemudahan penggunaan BSI Mobile agar persepsi manfaat di kalangan nasabah semakin meningkat, yang pada akhirnya akan mendorong adopsi dan loyalitas pengguna. Penelitian selanjutnya dapat memperluas cakupan variabel lain yang berpotensi memengaruhi keputusan penggunaan aplikasi perbankan seluler.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Alvina Nur Affifah
Date Deposited: 10 Jun 2025 06:38
Last Modified: 10 Jun 2025 07:28
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17551

Actions (login required)

View Item View Item