Nadhiroh, Mayada Athya (2024) خلق الكون في القرآن: دراسة على تفسير سورة الأنبياء الآية 33 لإسماعيل العسخلي في كتاب سفينة كلا سيعلمون بدقاربة ى ر م نيوتيكا. Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KEDIRI.
![]() |
Text
21102087_prabab.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
21102087_bab1.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
21102087_bab2.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
21102087_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
21102087_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
21102087_bab5.pdf Download (775kB) |
![]() |
Text
21102087_daftarpustaka.pdf Download (677kB) |
![]() |
Text
21102087_lampiran.pdf Download (604kB) |
![]() |
Text
21102087_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (209kB) |
Abstract
Nadhiroh, Mayada Athya. Dosen Pembimbing Thahir, A. Halil, M. HI. dan Anam, Masrul, Lc., M.A. Penciptaan Semesta: Kajian Surah Al-Anbiya ayat 30 oleh Ismail al-Ascholy dalam Kitab Safinah Kalla Say'alamun dengan Pendekatan Hermeneutika, Skripsi, Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, IAIN Kediri. 2024. Kata kunci: Surah Al-Anbiyā’, Hermeneutika, Ismail al-Ascholy, Safinah Kallā Saya’lamūna Penelitian ini mengkaji dan menganalisis tafsir Surah Al-Anbiyā’ ayat 30 dalam Kitab Safinah Kallā Saya’lamūna karya Ismail al-Ascholy dengan menggunakan pendekatan hermeneutika Wilhelm Dilthey. Penelitian ini berfokus pada upaya al-Ascholy dalam menyampaikan konsep penciptaan alam semesta, khususnya pemisahan langit dan bumi serta asal-usul kehidupan dari air sebagaimana dijelaskan dalam al-Qur'an. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana tafsir al-Ascholy dapat mengintegrasikan pemahaman ilmiah dengan pengalaman spiritual. Penelitian ini menggunakan konsep hermeneutika Wilhelm Dilthey yang terdiri dari Ausdruck (ekspresi), Erlebnis (pengalaman), dan Verstehen (pemahaman). Data dianalisis menggunakan studi kepustakaan dengan meninjau karya-karya al- Ascholy dan latar belakang pendidikan serta interaksinya dengan ulama besar dan tradisi lokal, serta menambahkan beberapa referensi kitab tafsir klasik sebagai sumber sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa al-Ascholy, melalui konsep Ausdruck, menggunakan analogi kontemporer dan nilai budaya lokal untuk menjelaskan ayatayat secara ilmiah sekaligus spiritual. Dalam Erlebnis, kedekatan al-Ascholy dengan ulama besar seperti KH. Maimoen Zubair dan KH. Baha’udin Nursalim, serta pengaruh orangtua dan lingkungan pendidikan yang religius. Melalui Verstehen, penelitian ini menyoroti metode tafsir al-Ascholy yang menggabungkan pemahaman ilmiah, spiritual, dan budaya lokal, menjadikan tafsir ini lebih inklusif dan kontekstual bagi pembaca masa kini.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 04 EARTH SCIENCES (Ilmu Bumi) > 0403 Geology > 040399 Geology not elsewhere classified 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES (Ilmu Lingkungan) > 0599 other environmental sciences > 059999 Environmental Sciences not elsewhere classified 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2202 History and Philosophy of Specific Fields > 220210 History of Philosophy |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Ilmu Al-Quran dan Tafsir |
Depositing User: | MAYADA ATHYA NADHIROH |
Date Deposited: | 05 Jun 2025 01:24 |
Last Modified: | 05 Jun 2025 01:24 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17453 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |