Khoiriyah, Wahyuna (2025) Pengaruh Token Ekonomi Terhadap Keaktifan Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Mts Hasan Muchyi Kapurejo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21201140_prabab.pdf Download (780kB) |
![]() |
Text
21201140_bab1.pdf Download (673kB) |
![]() |
Text
21201140_bab2.pdf Download (609kB) |
![]() |
Text
21201140_bab3.pdf Download (488kB) |
![]() |
Text
21201140_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (503kB) |
![]() |
Text
21201140_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (577kB) |
![]() |
Text
21201140_bab6.pdf Download (356kB) |
![]() |
Text
21201140_daftarpustaka.pdf Download (582kB) |
![]() |
Text
21201140_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
21201140_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (135kB) |
Abstract
Komponen penting dari pembelajaran yang efektif di antaranya adalah keaktifan siswa. Penggunaan token ekonomi, sistem yang memberikan token kepada siswa yang menunjukkan perilaku target, merupakan salah satu strategi yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan rata-rata keaktifan siswa antara kelas eksperimen yang menggunakan token ekonomi dan kelas kontrol pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Hasan Muchyi serta untuk mengetahui besar perbedaan rata-rata keaktifan siswa antara kedua kelas tersebut. Penelitian ini menggunakan desain kelompok kontrol posttest dengan metodologi kuantitatif kuasi-eksperimen. Dua kelas menjadi sampel: kelas kontrol dan kelas eksperimen yang menggunakan token ekonomi. Angket dan dokumentasi pencatatan token digunakan untuk mengumpulkan data, yang kemudian data angket dimasukkan ke dalam analisis uji-t sampel independen. Berdasarkan temuan penelitian, penggunaan token ekonomi memiliki dampak yang signifikan terhadap keaktifan siswa. Hal ini berdasarkan nilai signifikansi yang dihasilkan sebesar 0,02 < 0,05 yang menunjukkan bahwa rata-rata keaktifan siswa kelas eksperimen dan kontrol berbeda secara signifikan, sehingga Ho yang menyatakan bahwa token ekonomi tidak berpengaruh terhadap keaktifan siswa ditolak dan Ha yang menyatakan bahwa token ekonomi berpengaruh tehadap keaktifan siswa diterima. Hasil uji juga menunjukkan bahwa rata-rata keaktifan siswa kelas kontrol lebih rendah dibanding kelas eksperimen dengan selisih 3,37. Dengan demikian, terdapat perbedaan yang signifikan dari rata-rata keaktifan siswa kelas VII pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Hasan Muchyi Kapurejo antara kelas eksperimen yang menggunakan token ekonomi dan kelas kontrol, dengan kelas eksperimen menunjukkan rata-rata keaktifan yang lebih tinggi.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | WAHYUNA KHOIRIYAH |
Date Deposited: | 26 Jun 2025 03:30 |
Last Modified: | 26 Jun 2025 03:30 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17413 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |