Nurfia, Sinta (2024) Korelasi antara social support dengan academic burnout pada siswa kelas XII SMA Queen Al Falah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
20104075_prabab.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
20104075_bab1.pdf Download (767kB) |
![]() |
Text
20104075_bab2.pdf Download (731kB) |
![]() |
Text
20104075_bab3.pdf Download (775kB) |
![]() |
Text
20104075_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
20104075_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (618kB) | Request a copy |
![]() |
Text
20104075_bab6.pdf Download (206kB) |
![]() |
Text
20104075_daftarpustaka.pdf Download (471kB) |
![]() |
Text
sinta_SP.pdf Download (559kB) |
Abstract
Academic burnout merupakan sindrom psikologis berupa kelelahan emosional, depersonalisasi, dan berkurangnya pencapaian pribadi yang terjadi pada individu yang bekerja dengan orang lain dalam kapasitas tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui tingkat social support pada siswa kelas XII SMA Queen Al-Falah Ploso, (2) Mengetahui tingkat academic burnout pada siswa kelas XII SMA Queen Al-Falah Ploso, (3) Mengetahui korelasi antara social support dan academic burnout pada siswa kelas XII SMA Queen Al-Falah Ploso. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 325 siswa, dengan sampel sebanyak 181 siswa yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengambilan data dilakukan melalui kuesioner yang menggunakan instrumen skala social support dan academic burnout yang disusun oleh peneliti. Penelitian dilakukan pada siswa kelas XII SMA Queen Al-Falah Ploso. Teknik analisis menggunakan uji korelasi product mement dengan menggunakan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat social support pada siswa kelas XII SMA Queen Al-Falah berada pada kategori ”tinggi”, dengan frekuensi sebanyak 71 siswa dengan persentase 39%, (2) Tingkat academic burnout pada siswa kelas XII SMA Queen Al-Falah berada pada kategori ”sedang”, dengan frekuensi sebanyak 97 siswa dengan persentase 54%, (3) Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan adanya pengaruh signifikan antara social support dengan academic burnout, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Maka Ha diterima Ho ditolak. Selain itu, didapatkan nilai korelasi pearson sebesar 0,650 yang menunjukkan bahwa terdapat nilai positif yang artinya bahwa semakin tinggi social support maka semakin tinggi academic burnout.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam |
Depositing User: | SINTA NURFIA |
Date Deposited: | 28 May 2025 06:56 |
Last Modified: | 28 May 2025 06:56 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17406 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |