Fadhilah, Siti Rimayatul (2025) Optimalisasi penggunaan chatgpt pada pembelajaran mahasiswa PAI IAIN Kediri di era society 5.0. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21201075_PRABAB.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
21201075_BAB1.pdf Download (256kB) |
![]() |
Text
21201075_BAB2.pdf Download (369kB) |
![]() |
Text
21201075_BAB3.pdf Download (213kB) |
![]() |
Text
21201075_BAB4.pdf Restricted to Registered users only Download (565kB) |
![]() |
Text
21201075_BAB5.pdf Restricted to Registered users only Download (256kB) |
![]() |
Text
21201075_BAB6.pdf Download (114kB) |
![]() |
Text
21201075_DAFTARPUSTAKA.pdf Download (205kB) |
![]() |
Text
21201075_LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (117kB) |
Abstract
ChatGPT merupakan chatbot AI yang marak digunakan mahasiswa. Hanya dengan menuliskan prompt mereka dapat memperoleh jawaban dalam hitungan detik. Namun, dalam penggunaannya, mahasiswa kerap kali asal-asalan sehingga manfaat yang diberikan oleh ChatGPT tidak bisa maksimal. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk membahas bagaimana penggunaan, peluang, tantangan, serta strategi optimalisasi ChatGPT dalam pembelajaran PAI. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif jenis fenomenologi dengan pengambilan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Diharapkan nantinya penelitian ini dapat menjadi bahan pertimbangan maupun referensi dalam menentukan strategi dan regulasi yang tepat terkait penggunaan AI khususnya ChatGPT di lingkungan perkuliahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa PAI sering menggunakan ChatGPT, baik untuk keperluan akademik maupun non-akademik. Untuk keperluan akademik mahasiswa banyak menggunakannya untuk membantu menyelesaikan tugas seperti menjawab soal, menyusun makalah, mencari ide, dan referensi penelitian, serta membantu berpartisipasi dalam diskusi kelas. Sedangkan untuk keperluan non-akademik, mahasiswa menggunakannya untuk curhat dan mencari referensi kegiatan organisasi. Adapun Peluang yang timbul diantaranya: meningkatkan efisiensi waktu, membantu mahasiswa belajar mandiri, memudahkan mahasiswa untuk memahami materi, dan berpotensi sebagai alat bantu pengembangan pengetahuan. Sedangkan tantangan yang ditimbulkan meliputi: rawan misinformasi, hanya dipakai untuk penyelesaian tugas instan, plagiarisme semakin masif, semakin malas berpikir kritis, dan ketergantungan. Selanjutnya, strategi optimalisasi yang dapat dilakukan meliputi: penguatan literasi AI dan prompting, menyusun regulasi atau panduan kampus terkait penggunaan AI, dan melakukan integrasi serta validasi informasi. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar peneliti selanjutnya dapat melakukan studi perbandingan antar platform AI lainnya untuk mengetahui teknologi AI mana yang lebih efektif untuk menunjang pembelajaran PAI.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | SITI RIMAYATUL FADHILAH |
Date Deposited: | 15 May 2025 03:39 |
Last Modified: | 15 May 2025 03:39 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17254 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |