Saqwa, Oni Oktavia (2025) Strategi Marketing Mix pada produk tabungan easy wadiah dalam meningkatkan jumlah nasabah Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Kediri Gudang Garam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
934204019_prabab.pdf Download (339kB) |
![]() |
Text
934204019_bab1.pdf Download (249kB) |
![]() |
Text
934204019_bab2.pdf Download (190kB) |
![]() |
Text
934204019_bab3.pdf Download (44kB) |
![]() |
Text
934204019_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) |
![]() |
Text
934204019_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) |
![]() |
Text
934204019_bab6.pdf Download (33kB) |
![]() |
Text
934204019_daftarpustaka.pdf Download (178kB) |
![]() |
Text
934204019_suratpernyataan.pdf Restricted to Repository staff only Download (60kB) |
Abstract
Bank syariah sebagai lembaga yang melayani kebutuhan masyarakat luas tentu juga memerlukan sebuah strategi pemasaran dalam kegiatanya. Pemasaran yang dilakukan suatu Bank tentu bertujuan untuk pengembangan masing-masing produk termasuk produk tabungan easy wadiah. Kotler dan Amstrong mencetuskan bauran pemasaran 7P yang merupakan sebuah strategi pemasaran agar konsumen dapat tertarik terhadap produk atau layanan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan strategi 7P dari Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Kediri Gudang Garam dalam meningkatkan jumlah nasabah melalui produk tabungan easy wadiah. Penelitian merupakan jenis kualitatif deskriptif dan studi kasus karena fokus utama membahas suatu permasalahan. Kemudian data diperoleh melalui sumber primer dan sekunder. Selain itu pengumpulan data melalui observasi pada lembaga, dokumentasi data, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan pengamatan,ketekunan pengamatan, dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa 1) Strategi marketing mix pada produk tabungan easy wadiah di BSI KCP Gudang Garam Kediri meliputi 7 unsur. Pertama Product, secara transaksional ada tabungan easy wadiah, tabungan easy mudharabah, tabungan haji dan tabungan junior. Kedua place, pembukaan rekening tabungan easy wadiah dapat melalui BSI Mobile. Ketiga price, produk tabungan easy wadiah tidak ada bagi hasil. Keempat promotion, kegiatan promosi produk tabungan easy wadiah dilakukan secara langsung ketika nasabah melakukan transaksi di kantor. Kelima people, masyarakat sekitar khususnya karyawan Gudang Garam menjadi target sebagai nasabah tabungan easy wadiah. Keenam process, Untuk menjadi nasabah produk tabungan easy wadiah cukup memiliki KTP sebagai persyaratan. Ketujuh physical evidence, bukti fisik berupa laporan transfer tabungan nasabah melalui BSI Mobile atau mengecek mutasi rekening lewat ATM terdekat. 2) Strategi marketing mix pada produk tabungan easy wadiah di BSI KCP Gudang Garam Kediri berhasil meningkatkan jumlah nasabah dalam kurun waktu 2020-2024.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Perbankan Syariah |
Depositing User: | ONI OKTAVIA SAQWA |
Date Deposited: | 08 May 2025 04:24 |
Last Modified: | 08 May 2025 04:24 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17175 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |