AGUSTI, DIAN ALFI NURIL (2025) Optimalisasi Pelayanan Dengan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) Dalam Meningkatkan Omzet Penjualan (Studi Di Minimarket Jingga Mart Kelurahan Tinalan, Kecamatan Pesantren, Kota Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
20402148_prabab.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
20402148_bab1.pdf Download (419kB) |
![]() |
Text
20402148_bab2.pdf Download (538kB) |
![]() |
Text
20402148_bab3.pdf Download (339kB) |
![]() |
Text
20402148_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (572kB) |
![]() |
Text
20402148_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (346kB) |
![]() |
Text
20402148_bab6.pdf Download (205kB) |
![]() |
Text
20402148_daftarpustaka.pdf Download (438kB) |
![]() |
Text
20402148_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
20402148_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Download (203kB) |
Abstract
DIAN ALFI NURIL AGUSTI, Dosen Pembimbing Dr. H. Imam Annas Mushlihin, MHI dan M.Soleh Mauludin, SE, MSI. Optimalisasi Pelayanan Dengan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) Dalam Meningkatkan Omzet Penjualan (Studi di Minimarket Jingga Mart Kelurahan Tinalan, Kecamatan Pesantren, Kota Kediri), Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Kediri, 2025. Kata Kunci: Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS), Omzet Penjualan Perkembangan teknologi digital di Indonesia telah mendorong transformasi di berbagai sektor, termasuk sektor retail. Salah satu inovasi yang cukup siginifikan adalah hadirnya Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) sebagai metode pembayaran yang cepat, praktis, mudah, dan aman. QRIS merupakan metode pembayaran digital yang menggunakan kode QR Bank Indonesia yang bertujuan untuk mempermudah transaksi pembayaran non tunai. Pelayanan dengan sistem pembayaran QRIS sudah diterapkan oleh para merchant di Indonesia salah satunya Jingga Mart. Penerapan pelayanan dengan QRIS tidak hanya memudahkan bagi para penggunanya namun dapat membantu dalam meningkatkan omzet penjualan di Jingga Mart. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan optimalisasi pelayanan dengan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) di minimarket Jingga Mart dan untuk menjelaskan peran optimalisasi pelayanan dalam Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) dalam meningkatkan omzet penjualan di minimarket Jingga Mart. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan, triangulasi dan membercheck. Hasil penelitian yang dilakukan, maka penulis menyimpulkan optimalisasi pelayanan dengan QRIS di Jingga Mart berjalan optimal hal ini dibuktikan melalui pelatihan karyawan dalam memastikan kelancaran layanan dengan QRIS, pemasangan kode QRIS di meja kasir, kemudahan implementasi pelayanan QRIS, adanya manfaat yang dirasakan Jingga Mart dan pelanggan setelah menggunakan QRIS seperti lebih efisien, aman, dan mudah. Optimalisasi pelayanan dengan QRIS berperan dalam meningkatkan penjualan, hal ini dapat dibuktikan melalui omzet penjualan yang meningkat setiap bulannya pada tahun 2024 terutama dengan penerapan promosi, perbaikan stok barang dan adanya kepuasan pelanggan. Jingga Mart memberikan promosi yang diberlakukan untuk barang yang penjualannya lambat serta berlaku untuk pembayaran QRIS. Ketersediaan barang di Jingga Mart sudah di perbaiki dengan menyesuaikan kebutuhan pelanggan dan menjaga ketersediaan barang promosi. Pelayanan dengan QRIS di Jingga Mart menciptakan kepuasan bagi pelanggan karena manfaat dan kemudahan yang dirasakan, hal ini berpengaruh pada pembelian lebih dari 1 produk dan meningkatkan loyalitas pelanggan yang dapat meningkatkan omzet penjualan di Jingga Mart.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1504 Commercial Services > 150499 Commercial Services not elsewhere classified 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Perbankan Syariah |
Depositing User: | DIAN ALFI NURIL AGUSTI |
Date Deposited: | 07 May 2025 06:10 |
Last Modified: | 07 May 2025 06:10 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17154 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |