تطبيق طريقة مناقشة الفصل لترقية مهارة الكلام العربيّ عند طلاب الفصل السابع في المدرسة المتوسطة الإسلامية أولو الألباب عانجوك

Santika, Reni (2022) تطبيق طريقة مناقشة الفصل لترقية مهارة الكلام العربيّ عند طلاب الفصل السابع في المدرسة المتوسطة الإسلامية أولو الألباب عانجوك. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932501618_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932501618_bab1.pdf

Download (237kB)
[img] Text
932501618_bab2.pdf

Download (428kB)
[img] Text
932501618_bab3.pdf

Download (230kB)
[img] Text
932501618_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (834kB)
[img] Text
932501618_bab5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932501618_daftarpustaka.pdf

Download (178kB)

Abstract

Penerapan Metode Diskusi Kelas Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Pada Siswa Kelas VII SMP Islam Ulul Albab Nganjuk ; Alasan dipilihnya judul ini dilatar belakangi oleh kemampuan maharoh kalam siswa yang masih rendah pada mata pelajaran bahasa arab kelas VII SMP Islam Ulul Albab Nganjuk. Metode pembelajaran pada mata pelajaran bahasa arab masih didominasi oleh ceramah dan penugasan. Sehingga siswa kurang terlibat dalam pembelajaran dan kurang tertarik dalam mengikuti pembelajaran bahasa arab. Untuk membuat proses pembelajaran bahasa arab menjadi menyenangkan, serta siswa dapat menjadi lebih aktif dalam belajar dan tercapainya tujuan pembelajaran, peneliti menerapkan pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi kelas. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan keterampilan maharoh kalam pada siswa kelas VII SMP Islam Ulul Albab Nganjuk, setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi kelas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yaitu 25 siswa kelas VII SMP Islam Ulul Albab Nganjuk. Seluruh populasi dijadikan sebagai anggota sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis meliputi uji validitas dan uji normalitas. Analisis akhir atau pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji statistic non parametrik atau uji Wilcoxon. Berdasarkan hasil dan pembahasan dari penelitian kuantitatif deskriptif dapat dikemukakan bahwasannya penelitian ini mampu meningkatkan kemampuan maharoh kalam siswa kelas VII menggunakan metode pembelajaran diskusi kelas dan terbukti efektif. Hal ini ditunjukkan dengan nilai ketuntasan siswa yang menunjukkan bahwa tingkat keefektifan sebesar 76%. Selain itu juga dapat dilihat dari perolehan uji hipotesis berupa uji Wilcoxon yang menunjukkan bahwa nilai Asymp. Sig. (2-tailed) 0,000 yang berarti kurang dari 0,05. Dapat disimpulkan bahwa Ha diterima berdasarkan hasil perhitungan menggunakan uji wilcoxon. Yang artinya bahwasannya terdapat perbedaan antara pre test dan post test.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2004 Linguistics (Ilmu Bahasa) > 200401 Applied Linguistics and Educational Linguistics
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 29 Apr 2025 01:54
Last Modified: 29 Apr 2025 01:54
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17091

Actions (login required)

View Item View Item