Kreativitas guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran aqidah akhlak siswa di MA Hidayatus Sholihin

Noviatur Rahma, Tika (2024) Kreativitas guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran aqidah akhlak siswa di MA Hidayatus Sholihin. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932111119_Prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932111119_bab1.pdf

Download (355kB)
[img] Text
932111119_bab2.pdf

Download (523kB)
[img] Text
932111119_bab3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932111119_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
932111119_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
932111119_bab6.pdf

Download (461kB)
[img] Text
932111119_daftarpustaka.pdf

Download (4MB)
[img] Image
WhatsApp Image 2025-05-05 at 10.59.25.jpeg
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)

Abstract

Kreativitas guru merupakan jawaban dari kekakuan dan keangkeran kelas. Guru dituntut agar bisa menciptakan kelas yang kondusif dan juga menarik dengan kreativitas yang dimilikinya. Kreavitas tersebut dapat berupa cara mengajar dengan berbagai teknik /metode, dan sumber belajar yang digunakan. Kreativitas guru diharapkan akan meningkatkan kualitas pembelajaran di MA Hidayatus Sholihin. Sehingga tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Mengetahui bagaimana kteatifitas guru dalam mengembangkan metode pembelajaran di MA Hidayatus Sholihin 2) Mengetahui bagaimana kreativitas guru dalam penggunaan sumber belajar di MA Hidayatus Sholihin Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif, serta jenis penelitian menggunakan penelitian kualitatif. Dengan kata lain peneliti berusaha menafsirkan cara individu memandang,menyimpulkan ataupun mendiskripsikan lingkungan sosialnya, penafsiran tersebut diperoleh dari hubungan sosialnya. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa (1) Kreatifitas guru Aqidah akhlak dalam menerapkan metode ceramah plus tanya jawab, metode kerja kelompok, metode game tournament (TGT), dan metode lainya sesuai kondisi sekolah yang pastinya mempengaruhi daya kefahamannya. (2) Kreatifitas guru dalam mengembangkan sumber belajar aqidah akhlak di MA Hidayatus Sholihin berupa buku Lembar Kerja Siswa (LKS), buku dari Kemenag, Video dari internet, hal tersebut guru lakukan dengan sekreatif mungkin untuk melengkapi keterbatasan buku yang ada di perpustakaan sekolah sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran aqidah akhlak siswa dan terwujudnya tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: TIKA NOVIATUR RAHMA
Date Deposited: 05 May 2025 04:01
Last Modified: 05 May 2025 04:01
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17014

Actions (login required)

View Item View Item