Hubungan Tingkat Pemahaman Pendidikan Islam Multikultural Dengan Sikap Moderasi Beragama Peserta Didik Di SMAN 2 Kota Kediri

Sa'adah, Ummi Lailatul (2025) Hubungan Tingkat Pemahaman Pendidikan Islam Multikultural Dengan Sikap Moderasi Beragama Peserta Didik Di SMAN 2 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21201121_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21201121_bab1.pdf

Download (388kB)
[img] Text
21201121_bab2.pdf

Download (452kB)
[img] Text
21201121_bab3.pdf

Download (438kB)
[img] Text
21201121_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB)
[img] Text
21201121_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[img] Text
21201121_bab6.pdf

Download (223kB)
[img] Text
21201121_daftarpustaka.pdf

Download (229kB)

Abstract

UMMI LAILATUL SA’ADAH, Dosen Pembimbing Dr. Hj. MU'AWANAH, M.Pd. dan NOVI ROSITA RAHMAWATI, M.Pd. Hubungan Tingkat Pemahaman Pendidikan Islam Multikultural dengan Sikap Moderasi Beragama Peserta Didik di SMAN 2 Kota Kediri, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Kediri, 2025. Kata Kunci: Pendidikan Islam Multikultural, Sikap Moderasi Beragama Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya dekadensi moral dibuktikan dengan rendahnya sikap toleransi seperti kasus perundungan yang terjadi pada 9 Juli 2023 di SDN Jomin Barat II Cikampek, Kabupaten Karawang Jawa Barat. Seorang siswi berinisial B menjadi korban perundungan akibat perbedaan agama. Siswi tersebut dipaksa mengenakan jilbab oleh pihak sekolah. Fenomena ini berpotensi menyebabkan perpecahbelahan bangsa yang majemuk seperti Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: 1) Tingkat pemahaman pendidikan Islam multikultural di SMAN 2 Kota Kediri, 2) Sikap moderasi beragama peserta didik di SMAN 2 Kota Kediri, dan 3) Hubungan tingkat pemahaman pendidikan Islam multikultural dengan sikap moderasi beragama peserta didik di SMAN 2 Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasi spearman rank dan kendalls tau-b, teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, pengambilan data dilakukan dengan penyebaran angket bentuk skala likert. Pengambilan sampel dilakukan secara random sampling dengan populasi kelas XI dan sampel kelas XI-4, hingga XI-9. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Tingkat pemahaman pendidikan Islam multikultural peserta didik SMAN 2 Kota Kediri menunjukkan dari 196 peserta didik yang mendapatkan nilai dengan kategori tinggi ada 175 peserta didik atau 90%. Dengan nilai rata-rata sebesar 134,25 yang artinya berada dalam kategori tinggi. 2) Sikap moderasi beragama peserta didik di SMAN 2 Kota Kediri menunjukkan dari 196 peserta didik yang mendapatkan nilai dengan kategori baik ada 186 peserta didik atau 95%. Dengan nilai rata-rata sebesar 108,85 yang artinya berada dalam kategori baik. 3) Hubungan tingkat pemahaman pendidikan Islam multikultural dengan sikap moderasi beragama peserta didik di SMAN 2 Kota Kediri dinyatakan, terdapat hubungan setelah dilakukan pengujian hipotesis spearman rank dan kendalls tau-b keduanya menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan, kuat, cukup dan searah.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) > 22040301 Aqaid and Kalam (Aqaid dan Ilmu Kalam) > 2204030101 Faith in Allah (Iman Kepada Allah)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UMMI LAILATUL SA`ADAH
Date Deposited: 14 Apr 2025 02:36
Last Modified: 14 Apr 2025 02:36
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/16971

Actions (login required)

View Item View Item