FIZA, RUSNAINI AZLINA (2025) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS AL-QUR’AN PESERTA DIDIK SMP NEGERI 7 KEDIRI MELALUI EKSTRA KURIKULER BTA (BACA TULIS AL-QUR’AN). Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KEDIRI.
![]() |
Text
21201097_prabab.pdf Download (955kB) |
![]() |
Text
21201097_bab1.pdf Download (416kB) |
![]() |
Text
21201097_bab2.pdf Download (545kB) |
![]() |
Text
21201097_bab3.pdf Download (348kB) |
![]() |
Text
21201097_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (578kB) |
![]() |
Text
21201097_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (492kB) |
![]() |
Text
21201097_bab6.pdf Download (256kB) |
![]() |
Text
21201097_daftarpustaka.pdf Download (369kB) |
![]() |
Text
21201097_lampiran.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
21201097_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) |
Abstract
RUSNAINI AZLINA FIZA. Dosen Pembimbing Novi Rosita Rahmawati, M.Pd dan Ani Mar’atul Hamidah, M.Pd.I Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Al-Qur’an Peserta Didik Smp Negeri 7 Kediri Melalui Ekstra Kurikuler Bta (Baca Tulis Al-Qur’an), Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2025 Kata Kunci: Upaya Guru PAI, Kemampuan Membaca dan Menulis Al-Qur’an Al-Qur'an adalah firman Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai petunjuk bagi seluruh umat manusia. Membaca Al-Qur'an tidak hanya memberikan pahala, tetapi juga memberikan pemahaman yang mendalam tentang kehidupan dunia dan akhirat. Oleh karena itu, penting untuk mempelajari tata cara membaca Al-Qur'an yang benar agar dapat memahami maknanya secara tepat. Upaya guru dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an. Masalah yang ingin diungkapkan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana kemampuan peserta didik dalam membaca dan menulis Al-Qur’an di SMP Negeri 7 Kediri? 2) Bagaimana upaya guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an di SMP Negeri 7 Kediri Melalui Ektrakurikuler BTA? 3) Apa faktor pendukung dan penghalang guru PAI dalam meningkatkan kemampuan baca dan tulis Al-Qur’an peserta didik SMP Negeri 7 Kediri. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Dalam mengumpulkan data penelitian ini, penulis menggunakan beberapa metode, yaitu metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data, penulis menggunakan reduksi data, penyajian data dan penyimpulan data. Dalam pengecekan keabsahan data dilakukan dengan trianggulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Kemampuan peserta didik dalam membaca dan menulis Al-Qur’an peserta didik SMP Negeri 7 Kediri diantaranya: mampu melafalkan makhorijul huruf,, mampu membaca Al-Qur;an secara tartil, mampu membaca Al-Qur’an dengan menerapkan ilmu tajwid, mampu menulis huruf-huruf hijaiyah secara terpisah dan tanda bacanya. Mampu menulis huruf-huruf hijaiyah secara bersambung lengkap dengan tanda bacanya, 2) Upaya guru PAI yang dilakukan antaralain: mengadakan ekstrakurikuler BTA pada hari Jum’at, melaksanakan pembiasaan hafalan surat pendek pada waktu ekstrakurikuler BTA, menciptakan kondisi yang baik pada waktu proses belajar mengajar dengan menggunakan metode yang bervariasi. 3) faktor pendukung dan penghambat upaya peningkatakn membaca dan menulis Al-Qur’an adalah: kemampuan peserta didik yang telah terbiasa membaca dan menulis Al-Qur’an, keberadaan sarana dan prasarana yang memadai, seperti ruang kelas masjid, serta buku panduan ummi, memiliki peran penting dalam mendukung kegiatan ekstrakurikuler BTA peserta didik, profesionalitas guru yang baik dan memenuhi kriteria sebagai seotang guru dalam arti mampu menguasai materi yang akan diajarkan, kontinuitas pembelajaran BTA setiap hari jum’at, motivasi dari Pembina dan pembimbing ekstrakurikuler BTA dan ditambah peran orang tua yang mendukung anaknya belajar Al-Qur’an. Sedangkan faktor penghalangnya yaitu pengaruh negative perkembangan teknologi seperti HP, internet, dan televisi, kemampuan peserta didik yang berbeda-beda sehingga membutuhkan waktu yang lama dalam bimbingan BTA, waktu pembelajaran Pendidikan agama Islam yang terbatas, rendahnya motivasi dalam diri peserta didiik untuk belajar Al-Qur’an, pola pergaulan peserta didik baik dilingkungan sekolah maupun masyarakat.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | RUSNAINI AZLINA FIZA |
Date Deposited: | 15 Apr 2025 02:26 |
Last Modified: | 15 Apr 2025 02:26 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/16939 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |