PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI DAN KECEMASAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA

Saputri, Olevia Nia (2024) PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI DAN KECEMASAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.

[img] Text
932305619_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932305619_bab1.pdf

Download (797kB)
[img] Text
932305619_bab2.pdf

Download (787kB)
[img] Text
932305619_bab3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932305619_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932305619_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (883kB)
[img] Text
932305619_bab6.pdf

Download (871kB)
[img] Text
932305619_daftarpustaka.pdf

Download (553kB)
[img] Text
932305619_lampiran.pdf

Download (15MB)
[img] Text
932305619_suratpersetujuanuploadethesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)

Abstract

Faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan penalaran matematis siswa yaitu faktor eksternal dan faktor internal. Salah satu faktor internal yang berasal dari dalam diri siswa adalah faktor psikologis siswa. Faktor psikologis yang mempengaruhi kemampuan penalaran matematis siswa yaitu kepercayaan diri dan kecemasan matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan diri dan kecemasan matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Papar terhadap kemampuan penalaran matematis. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian survey. Populasi penelitian ini dari seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Papar sebanyak 300 siswa. Pada penelitian ini, pengambilan cluster random sampling peneliti mengambil 3 kelas atau 30% dari 9 kelas VIII SMPN 1 Papar dengan kriteria kelas yang sama. Pemilihan kelas yang digunakan untuk sampel dilakukan dengan cara membuat undian nama-nama kelas kemudian memilihnya secara acak. Adapun sampel yang terpilih adalah kelas VIII F, VIII G, dan VIII H, yang mana setiap kelas terdiri dari 35 siswa, 34 siswa dan 33 siswa. Instrumen penelitian ini adalah kuesioner digunakan untuk mengukur kepercayaan diri dan kecemasan matematika sedangkan tes soal digunakan untuk mengukur kemampuan penalaran matematis siswa. Teknik pengambilan data dengan cara menyebarkan angket kepercayaan diri dan kecemasan matematika, serta memberi tes essay penalaran matematika. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kepercayaan diri berpengaruh signifikan terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII SMPN 1 Papar. Dengan hasil sebesar 0,056 yang berarti bahwa pengaruh kepercayaan diri terhadap kemampuan penalaran matematis siswa yaitu sebesar . 2) Kecemasan matematika berpengaruh signifikan terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII SMPN 1 Papar. Dengan hasil sebesar 0,057 yang berarti bahwa pengaruh kepercayaan diri dan kecemasan matematika terhadap kemampuan penalaran matematika siswa yaitu sebesar . 3) Kepercayaan diri dan kecemasan matematika berpengaruh signifikan terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII SMPN 1 Papar. Hal ini terlihat pada output ANOVA yang memperoleh nilai F hitung F tabel. Yang artinya kepercayaan diri dan kecemasan matematika berpengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Berdasarkan pemahaman tentang pengaruh kepercayaan diri dan kecemasan matematika, semakin tinggi kepercayaan diri maka semakin tinggi pula kemampuan penalaran matematis siswa. Begitu juga dengan kecemasan matematika, semakin tinggi kecemasan matematika maka semakin tinggi pula kemampuan penalaran matematis siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0104 Statistics > 010404 Probability Theory (Teori probabilitas)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: OLEVIA NIA SAPUTRI
Date Deposited: 11 Mar 2025 04:51
Last Modified: 11 Mar 2025 04:51
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/16894

Actions (login required)

View Item View Item