Efektivitas Potensi Perkembangan Motorik Dan Kemandirian Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Baby Led Weaning (BLW)

Syarani Ilahi, Fauziyah (2023) Efektivitas Potensi Perkembangan Motorik Dan Kemandirian Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Baby Led Weaning (BLW). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933418819_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
933418819_bab1.pdf

Download (299kB)
[img] Text
933418819_bab2.pdf

Download (287kB)
[img] Text
933418819_bab3.pdf

Download (394kB)
[img] Text
933418819_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB) | Request a copy
[img] Text
933418819_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB) | Request a copy
[img] Text
933418819_bab6.pdf

Download (134kB)
[img] Text
933418819_daftarpustaka.pdf

Download (3MB)
[img] Text
933418819_sp.pdf

Download (136kB)

Abstract

Masa Golden Age merupakan masa yang sangat penting dalam perkembangan pada anak usia dini, terutama dalam perkembangan motorik dan kemandirian. Perkembangan motorik merupakan proses gerak yang langsung melibatkan otot- otot untuk bergerak dan proses persyarafan yang menjadikan seseorang dapat menggerakkan anggota tubuhnya dan kemandirian merupakan suatu perilaku dimana seseorang akan melakukan kegiatannya sendiri tanpa meminta bantuan dari orang lain. Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk melatih perkembangan motorik dan kemandirian pada anak usia dini dapat dilakukan dengan pemberian MPASI menggunakan metode BLW (Baby Led Weaning). Metode BLW merupakan suatu metode pemberian MPASI pada anak usia dini dengan rentang usia 6-24 dengan memberikan makanan yang dapat digenggam oleh anak usia dini tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode BLW (Baby Led Weaning) dalam Perkembangan Motorik dan Kemandirian pada Anak Usia Dini. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan desain Single Case Desain (SCD) atau Desain Eksperimen Kasus Tunggal (DEKT). Subjek dalam penelitian ini berinisial L yang berumur 1 tahun dan sedang dalam tahap pemberian MPASI. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi literatur. Analisis data menggunakan Kategorisasi yang kemudian disajikan dalam bentukdiagram dan penarikan kesimpulan. Hasil pengukuran Pada aspek perkembangan motorik di fase baseline subjek mendapatkan hasil sebesar 21, kemudian pada hasil pasca intervensi yang telah dilakukan selama 31 hari memperoleh hasil sebesar 25, dan pada hasil follow up yang diberikan peneliti dengan memberikan jeda selama 2 minggu memiliki nilai sebesar 25, dimana terdapat peningkatan pada fase baseline sampai fase pasca intervensi, sedangkan pada fase follow up terdapat hasil yang konsisten dengan hasil pasca intervensi. Pada aspek kemandirian anak usia dini di fase baseline subjek memperoleh hasil sebesar 19, kemudian pada hasil pasca intervensi yang telah dilakukan selama 31 hari subjek mendapatkan hasil sebesar 20, dan pada hasil follow up yang dilakukan setelah intervensi selama 31 hari dengan memberikan jeda selama 2 minggu memperoleh hasil 23, sehingga dari hasil tersebut dapat diketahui terdapat peningkatan pada aspek kemandirian anak usia dini. Dan dari hasil kedua aspek tersebut dapat dinilai bahwa penggunaan metode BLW atau Baby Led Weaning dinilai efektif dan dapat meningkatkan perkembangan motorik serta kemandirian pada anak usia dini

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1799 Other Psychology and Cognitive Sciences > 179999 Psychology and Cognitive Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam
Depositing User: Fauziyah Sya Rani Ilahi
Date Deposited: 30 Apr 2025 03:54
Last Modified: 30 Apr 2025 03:54
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/16617

Actions (login required)

View Item View Item