firdana, fika (2024) Pengembangan KIT praktikum perubahan wujud zat untuk meningkatkan hasil belajar materi IPA kelas V SD/MI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
20206018_prabab.pdf Download (726kB) |
|
Text
20206018_bab1.pdf Download (486kB) |
|
Text
20206018_bab2.pdf Download (444kB) |
|
Text
20206018_bab3.pdf Download (547kB) |
|
Text
20206018_bab4.pdf Download (2MB) |
|
Text
20206018_bab5.pdf Download (258kB) |
|
Text
20206018_daftarpustaka.pdf Download (160kB) |
|
Text
20206018_lampiran.pdf Download (4MB) |
|
Text
20206018_lembarpernyataanpersetujuan.pdf Restricted to Repository staff only Download (203kB) |
Abstract
Rendahnya hasil belajar menunjukkan bahwa pemahaman peserta didik yang cukup rendah. Hal ini dibuktikan oleh pada hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA di kelas V MI Roudlotut Tholabah Kabupaten Kediri yang disebabkan oleh penggunaan metode yang kurang efektif dengan karakteristik peserta didik. Tujuan dari adanya penelitian ini adalah mengembangkan media KIT serta mengetahui kelayakan dan keefektifan media pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian Research and Development (RnD) dengan model penelitian ADDIE yang melalui lima tahapan pengembangan yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa validasi ahli media memperoleh presentase sebesar 92% dengan kategori sangat layak. Sedangkan validasi ahli materi diperoleh presentase sebesar 98% dengan kategori sangat layak. Kemudian validasi ahli pembelajaran diperoleh presentase sebesar 100% dengan Kategori presentase sangat layak digunakan. Serta hasil dari ahli validasi pengguna media yang berasal dari 2 peserta didik diperoleh presentase sebesar 100% dengan kategori sangat layak digunakan. Kemudian keefektifan media dilihat dari hasil uji Wilconox Rank kelompok kecil diperoleh nilai signifikan (Asymp p. Sig.) sebesar 0,001 yang kurang dari 0,005 maka H_o ditolak dan H_a diterima. Selanjutnya hasil uji coba kelompok besar diperoleh nilai signifikan (Asymp p. Sig.) sebesar 0,000 yang kurang dari 0,005 maka H_o ditolak dan H_a. Kemudian berdasarkan perhitungan nilai pretest dan post test pada kelompok kecil diperoleh rata-rata nilai sebesar 0,7 yang dikategorikan tinggi. Serta perhitungan nilai pretest dan post test pada kelompok kecil diperoleh rata-rata nilai sebesar 0,7 yang dikategorikan tinggi. Sedangkan perhitungan nilai pretest dan post test pada kelompok besar memperoleh rata-rata nilai sebesar 0,8 yang juga dikategorikan tinggi. Oleh karena itu media Komponen Instrumen Terpadu (KIT) dikategorikan sangat layak dan efektif untuk di implementasikan kepada peserta didik. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Komponen Instrumen Terpadu (KIT), Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | FIKA FIRDANA |
Date Deposited: | 20 Jan 2025 03:46 |
Last Modified: | 20 Jan 2025 03:46 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/16508 |
Actions (login required)
View Item |