Ilma, Nafiah (2024) Kemampuan Computational Thinking (CT) Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Bebras Ditinjau Dari Bidang Keahlian Siswa Di SMK Negeri 1 Ngasem. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
20204041_prabab.pdf Download (799kB) |
![]() |
Text
20204041_bab1.pdf Download (353kB) |
![]() |
Text
20204041_bab2.pdf Download (135kB) |
![]() |
Text
20204041_bab3.pdf Download (177kB) |
![]() |
Text
20204041_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
20204041_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (129kB) |
![]() |
Text
20204041_bab6.pdf Download (55kB) |
![]() |
Text
20204041_daftar_pustaka.pdf Download (181kB) |
![]() |
Text
20204041_Persetujuan Publikasi.pdf Download (883kB) |
Abstract
Dalam era digital saat ini, kemampuan computational thinking sangat diperlukan, terutama dalam bidang kejuruan yang relevan dengan industri. Oleh karena itu, penting untuk mendeskripsikan kemampuan computational thinking siswa agar mengetahui kemampuan siswa. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan computational thinking siswa SMK Negeri 1 Ngasem berdasarkan bidang keahlian. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik perolehan data penelitian ini adalah dengan tes dan wawancara. Lokasi penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Ngasem Kabupaten Kediri. Subjek penelitian pada siswa kelas XI TKJ, TKRO dan Kuliner. Teknik pengumpulan data terdiri dari pemberian tes kemampuan computational thinking dan wawancara. Instrumen pengumpulan data terdiri dari lembar tes kemampuan computational thinking dan pedoman wawancara. Penelitian ini menggunakan analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Prosedur pengambilan data dimulai dari pemberian tes kemampuan computational thinking dalam menyelesaikan soal bebras. Hasil tes dilakukan analisis dan diambil 6 siswa yang terdiri dari 2 siswa TKJ, 2 siswa TKRO, dan 2 siswa Kuliner untuk dilakukan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) siswa TKJ dalam menyelesaikan soal bebras mampu memenuhi tiga dari empat indikator kemampuan computational thinking dalam penelitian ini. Indikator yang dipenuhi yaitu dekomposisi, abstraksi, dan berpikir algoritma. (2) siswa didik TKRO dalam menyelesaikan soal bebras mampu memenuhi dua dari empat indikator kemampuan computational thinking dalam penelitian ini. Indikator yang dipenuhi yaitu dekomposisi dan berpikir algoritma. (3) siswa Kuliner dalam menyelesaikan soal bebras mampu memenuhi satu dari empat indikator kemampuan computational thinking dalam penelitian ini. Indikator yang dipenuhi yaitu berpikir algoritma.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0103 Numerical and Computational mathematics (Matematika numerik dan Komputasi) > 010399 Numerical and Computational Mathematics not elsewhere classified 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Matematika dan Numerasi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika |
Depositing User: | ILMA NAFIAH |
Date Deposited: | 07 Feb 2025 06:56 |
Last Modified: | 07 Feb 2025 06:56 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/16414 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |